Minuman Bersoda Ternyata Punya Khasiat untuk Ban Sepeda Motor

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Meski terkesan sederhana, ban memiliki peran penting pada  sepeda motor. Karet bundar ini dirancang untuk menahan beban, dan menjadi komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan saat berkendara.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Ibarat alas kaki pada kendaraan, tampilan sepeda motor bisa terlihat ciamik saat menggunakan model yang tepat. Tak hanya itu, dengan pemilihan ukuran serta tekanan angin yang sesuai, ban juga mampu menunjang kenyamanan berkendara.

Terkait penampilan kendaraan, seiring usai pakainya, kondisi ban bisa saja terlihat memudar, dan tak lagi secerah saat pertama kali dipakai. untuk mencegah hal tersebut, banyak pemilik kendaraan yang sering mencuci ban sepeda motornya.

Alami Diabetes hingga Kehilangan Satu Kaki, Suty Karno Sempat Tidak Suka Minum Air Putih

Proses pencucian ban sebaiknya memang menggunakan air yang mengalir, akan lebih baik jika pemilik menggunakan alat yang bisa mengatur semprotan air. Sehingga, kotoran yang menempel di alur ban bisa bersih secara menyeluruh.

Baca juga: Toyota Jual Land Cruiser Edisi Terbatas, Pakai Fitur Langka

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Jika kotoran tersebut membandel, jangan ragu untuk menggunakan sikat halus, agar tak menimbulkan kerusakan pada permukaan ban dan peleknya. Setelah disikat, siram lagi dengan air, dan setelah itu keringkan menggunakan lap kering.

Menariknya, agar mendapatkan warna ban yang hitam seperti baru, pemilik kendaraan tak perlu repot mencuci ban dengan air sabun. Sebab, senyawa kimia yang ada pada sabun, diyakini membuat elastisitas karet berkurang.

Ilustrasi mencuci ban motor

Melansir dari laman Astramotor, Kamis 16 April 2020, Membuat warna ban kembali hitam, bisa menggunakan minuman bersoda yang tersedia di supermarket atau warung di sekitar rumah. Cara penggunaannya pun mudah

Setelah disiram dan dibersihkan dengan sikat, oleskan minuman bersoda pada permukaan ban sepeda motor secara merata. Teknik pengolesannya bisa dilakukan dengan bantuan sikat halus maupun kuas, ke seluruh dinding luar ban.

Tunggu sampai minuman soda yang sudah dioleskan ke dinding ban mengering dengan sendirinya. Hasilnya, warna hitam seperti pada ban bari bisa kembali terlihat.

Selain minuman bersoda, membuat ban kembali hitam bisa dengan cara mengoleskan silikon murni. Selama ini banyak yang menggunakan semir ban, tak salah, namun semir ban tidak terbuat dari silikon murni karena pabrik biasanya sudah mencampurnya dengan bahan lain.

Pemakaian silikon murni tidak hanya membuat ban sepeda motor menjadi hitam dan mengkilap, tetapi juga bisa memberikan kelembapan yang bagus untuk karet ban, sehingga akan berfungsi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya