Cara Agar Mobil dan Pemiliknya Tetap Sehat Berkendara Saat PSBB

Pintu Tol Pasteur padat saat PSBB hari pertama
Sumber :
  • VIVAnews/Adi Suparman

VIVA – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19, memaksa semua orang harus beraktivitas di rumah. Lalu bagaimana kalau kita terpaksa harus pergi juga untuk hal yang sifatnya memaksa dan mendadak?.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Untuk keluar rumah Anda pasti memprioritaskan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Sebab, lebih fleksibel dibandingkan menggunakan transportasi umum yang beroperasi terbatas selama PSBB.

Namun, meski pakai mobil pribadi, Anda tidak boleh lengah dan harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan selama PSBB. Sehingga, Anda tidak tertular Virus Corona.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Dilansir dari Businnes Insider, Kamis 23 April 2020, ada sejumlah tips yang harus Anda lakukan saat terpaksa berkendara ke luar rumah di tengah PSBB. Selain tentunya Anda harus menggunakan masker dan membatasi penumpang di mobil Anda.  

Meski demikian, sebelum mesin Anda hidupkan, pikirkan lagi kepentingannya untuk pergi ke luar rumah. Siapkan daftar yang harus dilakukan atau di beli agar Anda tidak perlu berlama- lama di luar. Siapkan kartu debit dan kredit sebagai ganti pembayaran uang tunai.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Berikut tips yang bisa Anda praktikan agar tetap sehat dan mobil pun terjaga

1. Jangan terlalu banyak berhenti

Semakin banyak tempat yang Anda Tuju, semakin tinggi peluang berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko penularan COVID-19. 

2. Hati-hati menyentuh sesuatu 

Penelitian menunjukan bahwa pompa bahan bakar dapat membawa hingga 11.835 kali lebih banyak kuman dibanding kursi di toilet umum. Karena itu hati-hati saat isi bensin atau menyentuh benda lain saat terpaksa keluar saat PSBB.

3. Rutin buka jendela mobil di rumah saat tidak digunakan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Virus Corona dapat hidup di udara hingga tiga jam. Jadi membuka kaca mobil beberapa menit secara rutin setiap hari, khususnya setelah digunakan, dapat mengurangi risiko Anda terinfeksi

4. Simpan lap dan cairan disinfektan di mobil

Selain harus rajin membersihkan mobil dengan disinfektan selama pandemi ini. Anda juga seaiknya meyimpan cairan atau tisu pembersih virus di dalam mobil. 

Sehingga ketika Anda sedang berkendara keluar tidak kebingungan untuk membersihkan diri saat sudah masuk ke dalam mobil.

Pantau berita terkini di VIVA Network terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya