Ritual 'Manasin' Mobil Selama PSBB, Ternyata Bisa Bikin Audio Awet Lho

Ilustrasi audio Venom di bagasi mobil
Sumber :
  • screenshot Instagram Venom Audio Indonesia

VIVA – Meski dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, kondisi mobil tetap harus menjadi perhatian pemiliknya. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan, adalah tetap rutin menyalakan mesin mobil satu atau dua kali dalam seminggu.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Rutinitas memanaskan mobil, bisa menjadi salah satu upaya agar kondisi aki tetap optimal. Sebab, saat mobil tak dipakai, terjadi pengurangan daya listrik sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari.

Presiden Direktur PT Sumber Sejahtera Audiotama, Irwan Kusuma mengatakan, menyalakan mesin mobil selama PSBB bukan hanya bermanfaat untuk kondisi aki, tetapi juga menjaga kondisi perangkat elektronik seperti audio mobil.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Sebagaimana diketahui, tak sedikit pemilik mobil yang merasa kurang puas dengan spesifikasi audio standar pabrikan. Sehingga, kata dia, mereka melakukan penggantian speaker maupun head unit, bahkan ada yang menyeting ulang sistem audionya.

Baca juga: Biar Gak 'Mager' Selama Bulan Puasa di Rumah, Yuk Cek Kondisi Mobil

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

"Cukup nyalakan mesin mobil kan akinya menjadi lebih awet, lalu komponen audio termasuk apmplifier, lalu speaker membrannya juga berfungsi ya," ujarnya saat konfrensi video peluncuran Venom Gear Studio VGS-1 active speaker, Senin 5 Mei 2020.

Saat memanaskan mobil, bisa juga dibarengi dengan menghidupkan perangkat head unit dan audionya. Cara ini, kata dia, cukup ampuh untuk menjaga kualitas suara dari speaker maupun subwoofer, terutama pada mobil yang sudah dimodifikasi perangkat audionya.

"Jangan sampai lama tidak dinyalakan, nanti speaker tuh takutnya ada korosi atau masuk debu. Sehingga, nantinya akan ada bunyi kresek-kresek (tak jernih)," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya