Akali Ban Kempis dengan 3 Cara Ini, Gak Butuh Pompa

Ilustrasi ban motor
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Berpetualang dengan cara mengendarai motor, bagi beberapa orang adalah hal yang sangat mengasyikkan. Mereka bisa menghirup udara segar, sembari melihat pemandangan hijau yang jauh dari kebisingan kota.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Syarat agar perjalanan aman dan nyaman, yakni mempersiapkan segala hal yang mungkin saja terjadi. Lokasi yang jauh dari pemukiman atau desa, membuat pengendara kesusahan saat mengalami masalah dengan motor yang ditunggangi.

Salah satu masalah yang mungkin saja muncul, yakni ban kempis akibat terkena benda tajam. Untuk mengatasinya, saat ini sudah tersedia alat khusus yang bisa dipakai untuk menambal dengan cepat dan mudah.

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Namun, kemudian masalah baru muncul, yakni bagaimana cara mengembalikan tekanan angin pada ban tersebut. Berbeda dengan mobil, ruang yang tersedia di motor tidak cukup untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan pompa.

Baca juga: 3 Modus Mudik Ini Sukses Lolos dari Intaian Polisi

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Dilansir dari laman YouTube FortNine, Jumat 8 Mei 2020, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengisi angin pada ban, tanpa menggunakan pompa. Namun, kamu tetap membutuhkan beberapa peralatan.

Cara yang pertama, yakni melibatkan selang dan dua benda yang biasa dipakai untuk mengisi angin ban. Sambungkan dua benda tersebut, lalu pasang satu di ban yang kempis dan satu lagi di ban yang masih normal. Setelah beberapa saat, kedua ban akan mendapat tekanan yang sama.

Teknik kedua melibatkan tabung CO2, yang biasa tersedia di toko akuarium. Tabung ini berisi gas Karbondioksida, pilih yang ukurannya agak besar dan gunakan untuk mengisi angin pada ban.

Cara terakhir, yaitu dengan memanfaatkan mesin. Kamu memerlukan baut yang sudah dimodifikasi agar bisa dipasang di lubang busi, dan terhubung ke selang yang ujungnya dipasangi benda untuk memasukkan angin ke dalam ban. Engkol motor hingga tekanan ban kembali normal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya