Bikin Speedometer Digital Motor Awet, Caranya Enggak Susah

Speedometer digital
Sumber :
  • Carandbike

VIVA – Teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu sisi bisa sangat membantu hidup manusia. Namun, ada sisi lain yang juga harus diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan elektronik.

Tips Menjaga Rantai Motor yang Baik dengan Cairan Pembersih WD-40

Semua peranti yang menggunakan komponen elektronika, rentan rusak apabila terpapar oleh dua hal, yakni air dan sinar matahari. Salah satu contohnya, seperti panel instrumen sepeda motor zaman sekarang.

Baca juga: Punya Harta Rp793 Triliun, Pria Ini Beli Mobil Bekas

Miliki Tampilan Catchy, Ini Impresi Singkat Vespa GTV 2023

Untuk memberikan tampilan yang lebih keren, para produsen menyematkan panel digital. Fungsinya tidak hanya menunjukkan seberapa cepat kuda besi bisa melaju, namun juga konsumsi bahan bakar serta jarak yang bisa ditempuh.

Pada beberapa motor, panel ini dapat terhubung ke smartphone, sehingga pengendara bisa memantau notifikasi yang masuk. Semua data kendaraan, mulai dari suhu dan jarak tempuh, juga bisa direkam sebagai catatan si pemilik.

Kenali Tanda Aki Motor Rusak dan Perlu Segera Diganti

Panel instrumen digital sepeda motor

Sayangnya, panel yang dipakai rentan terhadap sinar matahari. Apabila terlalu lama diparkir di cuaca yang terik, maka panel tersebut akan panas dan tidak bisa menunjukkan angka dengan jelas. Hal itu disebabkan, salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizer terbakar karena panas sinar matahari.

Dilansir dari laman Wahanahonda, Selasa 12 Mei 2020, harga filter polarizer tiap model berbeda-beda, tergantung besar kecilnya ukuran panel layar dan komponen pendukungnya. Namun, kisarannya ada di angka Rp1 juta.

Agar sepeda motor kesayangan tidak mengalami hal tersebut, ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, parkir motor di tempat yang teduh, apabila akan ditinggal dalam jangka waktu lama. Jika terpaksa parkir di luar, tutupi panel dengan bahan yang bisa menghalangi dari terik matahari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya