Pilih Aplikasi GPS biar Gak Tersasar, Mana yang Terbaik?

Ilustrasi mengemudi sembari mengoperasikan perangkat GPS lewat gawai.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Global Positioning System atau GPS saat ini bukan lagi barang yang masuk dalam kategori mewah. Zaman dulu, peranti ini hanya digunakan oleh pilot pesawat dan tentara.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Fungsi GPS adalah untuk menentukan, di mana lokasi kita saat itu. Cara kerjanya dengan memanfaatkan sinyal yang ditangkap dari beberapa satelit, yang beredar mengelilingi bumi.

Baca juga: Wuling Luncurkan Mobil Murah Baru, Laku Ribuan Unit

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Kini, GPS tidak hanya tersedia dalam wujud peranti saja, namun juga aplikasi. Setiap ponsel dibekali dengan fitur ini, dan digunakan untuk banyak keperluan, mulai dari memesan makanan hingga melacak gawai yang hilang.

Peranti ini juga sangat membantu para pengemudi mobil dan pengendara sepeda motor, yang hendak menuju sebuah lokasi. Jika sebelumnya tidak pernah ke lokasi tersebut, maka GPS bisa dijadikan sebagai panduan.

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

Dari sekian banyak aplikasi GPS, ada beberapa yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna kendaraan bermotor. Mana yang terbaik? semua tergantung dari kebutuhan. Untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan, simak daftarnya di bawah ini, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Suzuki, Jumat 5 Juni 2020:

Google Maps

Hampir di semua ponsel Android pasti sudah mempunyai aplikasi ini. Menu navigasinya lengkap, selain itu fitur paduan suara juga sangat membantu ketika sedang menyetir.

Selain itu, Google Maps juga bisa memberikan informasi rute-rute jalan, bahkan jalan alternatif ketika kami sedang menuju suatu tempat. Namun, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.

Waze

Pada aplikasi Waze, pengguna bisa saling terhubung. Hal ini bisa membuat kamu bisa mengetahui, informasi yang diberikan oleh pengguna lain ketika melewati jalan yang sama. Rute tercepat juga tersedia, selain itu ada juga informasi soal jalan rusak.

Maps.me

Aplikasi GPS ini bisa dijalankan secara offline. Peta yang dihadirkan sudah mencakup seluruh jalan di dunia, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat berkunjung ke negara lain.

Karena peta diunduh secara utuh, maka rute dan petunjuk jalan diperlihatkan secara tepat dan akurat, tanpa memerlukan koneksi internet. Selain itu, aplikasi GPS ini juga gratis dan bisa dipakai selamanya.

Here WeGo

Aplikasi ini buatan dari perusahaan teknologi yang cukup terkenal, yaitu Nokia. Dengan segudang fitur dan juga peta yang sangat lengkap mencakup seluruh belahan dunia, aplikasi ini digadang-gadang menjadi penantang serius dari Google Maps.

Anda juga bisa mengunduh peta suatu wilayah tertentu, sehingga nantinya tidak lagi membutuhkan koneksi internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya