Oli Mesin Kendaraan Sering Tekor, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi cek oli mesin mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Untuk memeriksa volume oli bisa dilakukan dengan melihat oil dipstick. Saat oli berada di bawah indikator terendar (lower), pemilik atau pengguna harus segera menambahkan oli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan kendaraan tersebut.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Melansir dari laman resmi Evalube, Selasa 14 Juli 2020, jika kondisi berkurangnya volume oli mesin sering terjadi, ada beberapa penyebab, mulai dari cara berkendara sampai dengan terjadinya kebocoran.

Berkurangnya oli mesin bisa jadi karena memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak. Kebiasaan ini membuat oli lebih cepat menguap dan akhirnya berkurang jumlahnya.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Penyebab lainnya, yakni ruang piston aus dan kerapatannya berkurang. Kondisi ini bisa membuat udara terlalu banyak masuk ke ruang oli serta menyebabkan kendaraan mengeluarkan asap yang cukup banyak.

Baca juga: Wanita Ini Dibuat Kesal Oleh Para Pemilik Mobil Tesla

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Selain itu, oli yang jarang dilakukan penggantian juga bisa membuat lebih cepat habis. Kotoran di mesin akan menyumbat dan membuat beberapa komponen menjadi aus dan akhirnya konsumsi oli menjadi lebih banyak. Kebocoran oli juga menjadi penyebab volumennya lebih cepat berkurang bahkan habis.

Untuk itu pemilik kendaraan perlu melakukan pemeriksaan secara rutin. Untuk memastikan kendaraan mendapat pelumasan terbaik, seluruh varian oli Evalube ini sudah memakai Veltec with Clean Shield Formula.

Ilustrasi pelumas Evalube

Formulasi baru itu dirancang untuk menangkap partikel karbon lebih baik, sehingga bisa menghilangkan endapan hasil pembakaran pada mesin, melawan kerak di dalam mesin, serta menjaga mesin dari korosi.

“Evalube sudah memikirkan dan merancang teknologi terdepan yang merupakan hasil penelitian dan diformulasikan khusus untuk berbagai macam kondisi berkendara seluruh konsumen di Indonesia," ujar Yomie Harlin, selaku Direktur Komersial Evalube.

Selain menghadirkan formulasi baru untuk oli mesin kendaraan, produsen pelumas yang sudah dua dekade hadir di Indonesia itu juga menyegarkan seluruh lini produk Evalube dengan desain kemasan yang baru yang lebih informatif, simple dan futuristis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya