Ingat Lagi, Ini Keuntungan Ban Mobil dan Motor Diisi Nitrogen

Ilustrasi lokasi tambal ban Nitrogen dengan pembayaran non tunai
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Pemilik mobil maupun sepeda motor kini memiliki pilihan, ketika harus mengisi tekanan angin pada ban kendaraannya. Sebab, roda kendaraan tersebut bukan hanya bisa dipenuhi gas dari kompresor biasa, tetapi juga memakai nitrogen.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Founder dan Chief Executive Officer MyNitro, Muchlis mengatakan, tekanan angin pada ban memakai gas nitrogen memiliki banyak keuntungan, jika dibandingkan pengisian angin dari kompresor standar. Sebab, kompresor tersebut biasanya menghasilkan H20 untuk diisi ke dalam ban.

"Nitrogen ini dikenal sebagai gas yang memiliki suhu dingin, karena itu gas ini baru akan mencapai titik didih pada suhu tinggi (195,8 derajat celcius) dibandingkan udara biasa dari kompresor. Makanya jarak ditemukan ban meledak ketika diisi gas nitrogen," ujarnya, Minggu 26 Juli 2020.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Keuntungan lainnya, kata dia, molekul di dalam gas nitrogen lebih ringan dibandingkan senyawa lainnya,  selain itu molekulnya juga lebih besar. Ini bisa langsung dirasakan oleh pengguna kendaraan, karena terasa ringan dan bannya jarang kempes lantaran molekul mengisi semua ruang di dalam ban.

Baca juga: Sepi Order, Rental Mobil Sulap Toyota HiAce Jadi Warung Angkringan

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

"Kalau bisa memang isi anginnya jangan dicampur, karena dikhawatirkan ada pemuain yang tidak stabil saat suhu ban meningkat. Tetapi untuk nitrogen sendiri aman, karena titik didihnya tinggi," paparnya.

Untuk bisa mengisi ulang angin Nitrogen pada ban mobil atau sepeda motor, kata dia, kini juga tersedia di berbagai lokasi, mulai dari bengkel, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sampai ke jaringan supermarket AlfaMidi.

Ilustrasi tambah angin untuk sepeda motor

"Kalau SPBU itu cuma 7 ribu titik, sementara supermarket ini ada 15ribu lokasi. Pemilik kendaraan pasti lebih mudah mencarinya, maka dari itu kami memanfaatkan peluang itu untuk membuat kios MyNitro dengan bentuk lebih compact dan simple, jadi enggak perlu di SPBU," tuturnya.

Untuk pengisian angin memakai gas nitrogen di MyNitro, konsumen perlu menyiapkan dana mulai dari Rp2.500 sampai Rp10 ribu per satu ban, tergantung jenis kendaraannya. Metode pembayaran di kios ini pun sudah memakai sistem cashless, dan memanfaatkan uang elektronik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya