Mobil Kurang Nyaman, Cek 2 Tanda Ini di Ban

Tanda alignment indicator pada ban
Sumber :
  • Sears

VIVA – Seiring pemakaian, kenyamanan dari kendaraan pasti mengalami perubahan. Hal itu dikarenakan ada komponen yang masa pakainya mulai berkurang, seperti suspensi dan ban.

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Contohnya, setir terasa tidak stabil, bergetar atau berat, disusul gerak ban yang cenderung miring ke sisi tertentu. Kondisi itu bisa jadi akibat adanya perubahan pada sudut ban mobil, dari posisi awal yang sudah diatur oleh pabrik.

Solusi untuk masalah ini adalah perawatan penyelarasan roda kendaraan atau spooring. Namun, bagi orang awam tentu tidak mudah mengetahui apakah roda mobil mereka membutuhkan perawatan tersebut atau yang lainnya.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Presiden Direktur Hankook Tire Sales Indonesia, Yoonsoo Shin menyarankan pengemudi agar jangan mengabaikan kondisi ban yang tidak selaras dan baru mengambil tindakan setelah kondisi benar-benar dirasa mengganggu.

“Pengemudi dapat memeriksa kondisi wheel alignment secara mandiri, dengan mengecek Tread Wear Indicator dan alignment indicator yang telah diletakkan di tiap ban. Alignment indicator berbentuk dua pasang lubang kecil di kedua sisi luar dari masing-masing telapak ban. Jika posisi ban bermasalah, salah satu lubang akan terkikis terlebih dahulu,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 27 Juli 2020.

Ban Khusus Mobil Listrik Resmi Tersedia di Indonesia

Menurut Yoonsoo, perawatan wheel alignment sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali atau jika kendaraan telah menempuh jarak sejauh 20 ribu kilometer. Namun, hal ini bukan merupakan patokan yang baku.

Sebagai informasi, Hankook menghadirkan ban dengan teknologi alignment indicator pertama kali di Indonesia pada 2013, yakni di seri Kinergy. Selain itu, teknologi yang sama juga ada di seri Ventus.

 Mereka juga menggelar promo, bekerja sama dengan B-Quik atau 1 Station. Kerja sama ini berupa program spooring gratis kepada pelanggan Hankook selama Agustus 2020, dengan pembelian minimal 2 ban Hankook.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya