Angkut Sepeda di Dalam Kabin Mobil, Begini Triknya Biar Aman

Ilustrasi membawa sepeda di kabin mobil
Sumber :
  • dok. MMKSI

VIVA – Bersepeda kini menjadi kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Sebelum melakukan aktivitas olahraga ini, tak sedikit warga yang membawa sepedanya ke titik kumpul tertentu memakai mobilnya.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Bagi pengguna sepeda lipat, tentu saja membawanya bukanlah sesuatu yang sulit. Dimensinya yang kecil, membuat jenis ini bisa diangkut di bagasi kendaraan jenis sedan, maupun memanfaatkan kabin mobil keluarga ataupun sport utility vehicle (SUV).

Lantas, bagaimana posisi yang tepat saat mengangkut jenis sepeda road bike? Apalagi, jenis sepeda tersebut memiliki label harga yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Pembalap yang juga pakar safety driving, Rifat Sungkar mengatakan, meski dimensinya tergolong besar tetap bisa diupayakan agar sepeda bisa masuk ke dalam kabin MPV maupun SUV.

Ini Rekomendasi Sepeda Anak yang Aman dan Nyaman, Hadiah Terbaik untuk Sang Buah Hati

“Caranya ban belakang masuk terlebih dahulu. Seandainya sepeda ingin ditidurkan, bagian crank harus di bagian atas, jangan sampai tertindih oleh frame sepeda itu sendiri," ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA Otomotif, Kamis 13 Agustus 2020.

Baca juga: Mobil Pejabat dan Kaum Kaya RI Ini, Bakal Ada Versi Spesialnya

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

Pria yang juga dipercaya sebagai Brand Ambassador mobil merek Mitsubishi Motors itu mencontohkan, jika ingin memasukan sepeda jenis road bike memakai mobil Xpander, maka bisa dilakukan secara langsung. Untuk mengangkutnya memakai SUV Pajero Sport, maka harus melipat kursi baris kedua dan ketiga.

“Untuk masuk ke dalam kabin Xpander sepeda road bike dengan posisi berdiri bisa masuk dengan mudah. Kalau di Pajero Sport bisa juga, asal jok sepeda diatur dulu ketinggiannya, karena atapnya lebih mobil ini lebih rendah,” papar Rifat.
Rak sepeda tambahan di mobil

Dia mengatakan, untuk mengangkut sepeda di luar kabin sebenarnya bisa saja dilakukan. Meski demikian, cara ini memiliki risiko tinggi jika dilakukan dalam kondisi lalu lintas di Tanah Air, terutama di kota-kota besar yang kerap mengalami kemacetan.

"Bisa saja bawa sepedanya di atas, atau di bagian belakang mobil dengan rak khusus sepeda. Tapi, agak riskan untuk kondisi jalanan di Indonesia karena hambatannya banyak," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya