Canggihnya Teknologi Mobil Baru Nissan yang Bakal Meluncur di RI

Mobil baru Nissan dengan teknologi e-Power bakal meluncur di Indonesia
Sumber :
  • dok. Nissan Indonesia

VIVA – Produsen otomotif kini berlomba membuat mobil yang ramah lingkungan, dan menghasilkan emisi gas buang dengan angka minimal. Jenisnya, mulai dari yang memakai motor listrik murni, sampai mengkombinasikan mesin bakar konvensional dengan motor listrik.

Dalam Setahun Mobil Mitsubishi Ini Dibuat 100 Ribu Unit

Penggabungan mesin bakar konvensional dengan motor listrik atau baterai, biasa disebut hybrid. Teknologi ini sudah disematkan pada produk-produk yang dijual di Indonesia, utamanya berasal dari merek otomotif Jepang.

Teknologi serupa juga dipakai oleh pabrikan mobil Nissan, dan diberi nama E-Power. Meski demikian, cara kerja pada mobil-mobil yang memakai sistem ini berbeda dengan hybrid yang disematkan oleh merek otomotif lainnya.

Bos Honda Bertemu Nissan, Bahas Isu Penting

"e-POWER adalah powertrain listrik 100 persen, memanfaatkan teknologi kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) yang disempurnakan dari Nissan LEAF, dengan menambahkan mesin bensin untuk mengisi baterai bertenaga tinggi bila diperlukan," demikian keterangan resmi Nissan, dikutip Senin 31 Agustus 2020.

Baca juga: Pemotor Ini Digombali Petugas Gara-gara Gak Pakai Masker

Nissan Ariya Nismo Unjuk Gigi di Tokyo Auto Salon

Dengan teknologi ini, mobil-mobil canggih Nissan tak lagi membutuhkan pengisian dari catu daya eksternal. Meski demikian, akselerasi, torsi dan tarikan responsif tetap bisa dirasakan oleh pengemudi, sama seperti menyetir kendaraan listrik murni pada umumnya.

Pada umumnya, kendaraan hybrid masih mengandalkan kombinasi tenaga dari mesin konvensional dan motor listrik untuk menggerakan rodanya. Hal ini tidak akan ditemukan pada mobil ramah lingkungan racikan Nissan.Ilustrasi teknologi e-Power pada mobil-mobil Nissan.

Ya, produsen otomotif Jepang itu tak lagi menghubungkan penggerak roda dengan mesin konvensional. Jadi, mesin berbahan bakar minyak itu hanya menjalankan tugas untuk mengisi ulang tenaga baterai. Sementara roda haya akan digerakan oleh motor listrik.

Dengan adanya e-POWER, Nissan menawarkan efisien bahan bakar yang baik, karena mesin bensin hanya mengisi baterai untuk motor listrik utama. Selain itu, mobil akan beroperasi dengan senyap seperti kendaraan listrik murni.

Salah satu kendaraan e-Power akan diluncurkan di Indonesia, yakni Kicks. Mobil baru Nissan ini akan dibuka selubungnya pada 2 September 2020, secara online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya