Usir Bau Rokok di Mobil Pakai Bumbu Dapur, Begini Caranya

Ilustrasi kabin mobil
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Meski ada aturan untuk tidak merokok di dalam mobil, namun hal itu masing kerap dilakukan oleh para pengemudi. Alasannya sederhana, yakni untuk melepas stres kala terjebak di kemacetan lalu lintas.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain abunya bisa membahayakan pengguna jalan lain, asap rokok juga bisa menempel pada interior mobil. Jika hal itu dilakukan secara rutin, maka plafon akan berubah warnanya dan bau tembakau sulit untuk hilang.

Baca juga: Motor Bonceng 3 Senggol Pajero hingga Mewahnya Bus Adi Putro

Cara Menanam Bawang Putih yang Baik dan Benar, Dijamin Tumbuh Subur

Para pemilik mobil biasanya mengakali bau dengan cara membawa kendaraan ke salon khusus. Hal itu tidak jadi masalah, apabila rela mengeluarkan banyak uang untuk mengusir aroma menyengat tersebut.

Tapi, ada cara yang lebih mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk mencegah bau rokok terus menempel pada interior. Yakni, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur rumah.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Dilansir VIVA Otomotif dari Seva.id, Selasa 1 September 2020, bahan pertama yang sudah terkenal menyerap bau adalah bubuk kopi. Cukup sebarkan bubuk kopi di dalam kabin mobil semalaman, dan pastikan tidak basah. Esok harinya, buang bubuk tersebut dan mobil siap digunakan.

Selain kopi, bubuk vanila juga ampuh mengusir aroma rokok. Bungkus bubuk vanila dan letakkan di bawah jok. Kamu juga bisa memanfaatkan bubuk kayu manis, yang dicampur dengan cuka apel.

Bahan dapur lainnya yang juga tidak kalah ampuh, yakni cuka dan baking soda. Taruh cuka dalam gelas kecil dan biarkan semalaman, atau sebar baking soda di karpet.

Agar lebih maksimal, pastikan interior mobil dalam kondisi bersih. Buang semua sampah yang ada, dan bersihkan sisa makanan yang tercecer di sudut jok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya