Cara Bikin Wiper Mobil Awet, Enggak Banyak yang Tahu

Wiper mobil.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi, Indonesia pada bulan ini mulai memasuki musim hujan. Bagi para pemilik mobil, ada beberapa hal yang perlu disiapkan agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Salah satu komponen penunjang berkendara yakni penghapus kaca alias wiper. Karena memakai bahan karet, maka kondisinya bisa rusak dalam jangka waktu tertentu.

Tanda karet wiper sudah perlu diganti adalah getas, dan kaca tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. Harganya memang tidak mahal, yakni di kisaran ratusan ribu rupiah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

Agar umur wiper panjang, biasanya pemilik kendaraan akan mengangkat tangkai ketika mobil diparkir di terik matahari. Kaca yang panas dianggap bisa memperpendek umur karet.

Baca juga: Punya Fitur ala Mobil Mewah, Harga Mobil Ini Cuma Rp70 Juta

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, ada hal lain yang tidak banyak diketahui orang tapi bisa membuat kinerja wiper selalu maksimal. Dilansir VIVA Otomotif dari Seva, Senin 26 Oktober 2020, hal yang dimaksud adalah membersihkan karet saat mencuci mobil.

Saat hujan reda, air pada karet akan mengering dan meninggalkan banyak kotoran. Hal ini bisa dibuktikan dengan menyekanya menggunakan lap atau kanebo.

Ketika mencuci mobil, jangan lupa menyeka karet wiper dengan air sabun dan kemudian semprot hingga bersih. Gunakan sampo yang khusus dibuat untuk kendaraan.

Kamu juga bisa menuang wiper fluid untuk semprotan kaca. Cairan ini akan membantu mengangkat kotoran dengan lebih mudah, sehingga pandangan ke depan tetap jernih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya