Mengenal Istilah Fogging Saat Perawatan Mobil dan Biayanya

Ilustrasi fogging di kabin mobil
Sumber :
  • dok. Astra Peugeot

VIVA – Selain eksterior yang mulus, interior juga harus masuk dalam jadwal perawatan mobil yang rutin dilakukan oleh pemiliknya. Sebab, ruangan kabin menjadi lokasi pengemudi dan penumpang selama melakukan perjalanan.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Untuk memastikannya nyaman, bisa dilakukan dengan memasang perangkat audio berkualitas, ataupun melapis jok dengan bahan lebih baik dari versi standar. Sementara untuk menjaga kebersihannya, bisa dilakukan sembari mencuci mobil secara rutin.

Kepala Bengkel Astra Peugeot BSD, Roni Agung mengatakan, salah satu perawatan untuk kabin mobil adalah dengan cara fogging atau pengasapan kabin. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan dari bengkel resmi.

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Proses fogging atau pengasapan, kata dia, diyakini efektif membunuh kuman, bakteri, serta mencegah timbulnya jamur di kabin kendaraan. Sehingga pasca perawatan mobil dengan cara tersebut, interior bisa menjadi lebih segar dan higienis.

"Prosesnya pun tidak lama tidak lebih dari 10 menit pengasapan. Layanan ini terbuka untuk segala jenis dan merek kendaraan. Kabin segar dan faktor kesehatan menjadi daya tarik layanan ini," ujarnya dalam siaran pers yang dikutip VIVA Otomotif, Jumat 31 Oktober 2020.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Teknik perawatan kendaraan seperti ini, kata dia, dilakukan menggunakan alat khusus, yang prosesnya memanfaatkan sirkulasi AC mobil. Material berupa cairan disifektan dan aroma diembuskan melalui kipas (fan) yang diatur pada posisi paling kencang dan pendinginnya dimatikan. 

Selama prosesnya dilakukan, semua pintu mobil ditutup beberapa menit hingga pengasapan memenuhi seluruh bagia kabin. Selain cairan disinfektan, aroma parfum bisa disesuaikan untuk memaksimalkan fungsi dari layanan fogging.

"Alhasil, kabin mobil pun segar. Layanan ini bisa dimanfaatkan di bengkel Astra Peugeot dengan banderol Rp150 ribu per servis. Fogging juga tersedia di bengkel resmi kami di Tanah Air," paparnya.

Baca juga: Catat, Ini Risiko Berkendara Motor Sembari Mendengarkan Musik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya