Jangan Sampai Salah, Ini Ragam Atap Kaca yang Dipasang di Mobil

Ilustrasi panoramic sunroof
Sumber :
  • dok. Wuling Motors

VIVA –Selain menggunakan lembaran logam, pada mobil keluaran baru ada juga yang memakai atap kaca. Dengan perangkat tersebut, pengemudi dan penumpang akan mendapat pengalaman berbeda saat berkendara.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Saat berkendara siang hari, atap mobil yang terbuat dari kaca membuat kabin lebih terlihat terang, dibandingkan yang memakai plat logam seperti bagian bodi mobil lainnya. Sebab, cahaya matahari bisa langsung masuk ke dalam interior.

Meski sudah banyak mobil yang menggunakan atap kaca, tak semua penggemar otomotif bisa membedakan jenis atap kaca yang dipasang di atap. Padahal desainnya semakin beragam, mulai dari sunroof, moonroof, panoramic roof, serta kombinasi yang diberi nama Panoramic Sunroof.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Sunroof merupakan kaca di bagian atap mobil, yang ketika dibuka membentuk sudut tertentu. Sedangkan atap kaca yang saat dibuka masuk ke dalam bagian plafon, bernama moonroof. Untuk Panoramic Roof, merupakan kaca yang dipasang hampir di seluruh atap dan tak bisa dibuka.

Sementara untuk Panoramic Sunroof, kombinasi atap yang hampir menyeluruh di atap, namun ada juga bagian yang bisa dibuka. Model ini salah satunya ada di produk Wuling Almaz.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Mobil merek China itu hampir 70 persen langit-langitnya memakai bahan kaca. Panoramic Sunroof di Wuling Almaz diketahui berukuran 0.82 meter persegi, dan diklaim menjadi atap kaca yang terbesar untuk mobil-mobil sekelasnya.

Selain Panoramic Sunroof, Wuling Almaz ditawarkan dengan fitur yang jarang ada di mobil berbanderol Rp200 jutaan, yang perintah suara atau Wuling Indonesian Command (WIND). Teknologi ini memungkinkan pengemudi maupun penumpang menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fungsi tanpa harus menekan tombol.

Terkait jantung penggerak, Wuling menyematkan mesin bensin 1.500cc dengan turbo yang menghasilkan tenaga 140 HP dan torsi maksimal 250Nm. Jantung penggerak ini, dikombinasikan dengan sitem transmsisi otomatis CVT delapan percepatan.

Wuling Almaz ditawarkan dalam empat varian dengan jumlah kursi untuk 5 ataupun 7 penumpang. Banderol untuk menebus mobil SUV ini mulai dari Rp266,8 juta sampai Rp341,8 juta.

Baca juga: Malu Bertanya, Pengendara Sepeda Motor Harus Berjuang di Atas Jembatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya