Gak Usah Bingung, Mobil Baru Lebih Cepat Hancur Saat Kecelakaan

Hyundai Grand i10 buatan India saat tes uji tabrak.
Sumber :
  • www.indianautosblog.com

VIVA – Desain mobil keluaran baru kian beragam. Meski demikian, kendaraan-kendaraan ini dianggap lebih ringkih dibandingkan model lawas. Hal tersebut bisa dilihat saat terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Pada mobil-mobil baru, biasanya bagian depan dan belakangnya akan lebih mudah hancur saat ada benturan keras. Hebatnya, area yang mudah hancur itu ternyata sengaja disiapkan oleh pabrikannya.

Menukil dari laman resmi Hyundai Indonesia, Senin 23 November 2020, ada area di mobil yang sengaja dibuat untuk gampang hancur ketika kendaraan mengalami kecelakaan, namanya crumple zone.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Crumple Zone disiapkan oleh para insinyur dari pabrikan otomotif, untuk memastikan kabin yang berisi pengemudi dan penumpang tetap utuh ketika terjadi kecelakaan. Sebab, area tersebut yang menyerap energi saat terjadi benturan keras pada kendaraan.

Jika mobil tak dilengkapi crumple zone, maka saat terjadi benturan keras atau kecelakaan, seluruh energi akan tersalurukan ke kerangka bagian kabin. Alhasil, kabin bisa langsung berubah bentuk dan berisiko tinggi membahayakan orang-orang ada di dalamnya.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Dengan demikian, para desainer otomotif memang sengaja merancang kerangka dan bodi mobil di bagian tertentu untuk mudah hancur ketika terjadi tabrakan, demi menyelamatkan nyawa orang-orang di kabin.

Selain dari desain kendaraannya, keamanan pengemudi dan penumpang juga dimaksimalkan dengan adanya sabuk pengaman serta kantung udara. Keduanya akan bekerja optimal melindungi orang-orang di kabin tetap berada di posisinya, serta terlindung dari benturan.

Baca juga: Yamaha Bakal Suntik Mati Salah Satu Moge Favorit Konsumennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya