Jangan Disepelekan, Komponen Mobil Ini Penting Dipakai Saat Hujan

Mengemudi mobil di tengah hujan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA –Menjelang pergantian tahun, biasanya akan diiring dengan hujan di berbagai wilayah Tanah Air. Perubahan cuaca ini, harus menjadi perhatian para pengguna mobil dalam perjalanannnya.

Diler Toyota Markup Harga Mobil hingga Ratusan Juta Rupiah

Mengemudi dalam kondisi hujan, tentu sedikit berbeda dengan cuaca normal. Sebab, daya visual pengemudi menjadi terbatas lantaran air yang jatuh ke kaca. Selain itu, jalanan yang dilewati biasanya menjadi licin, atau bahkan tergenang air.

Oleh karena itu, PT Mitsubishis Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyarankan para pemilik untuk mengecek komponen di kendaraannya. Sehingga kondisi mobil tetap fit, dan siap menemani pengguna saat harus menerjang hujan.

Ribuan Tesla Cybertruck Alami Masalah Pedal Gas

“Setiap komponen di kendaraan, ditujukan untuk memudahkan dan memastikan pengguna dapat berkendara
secara aman dan nyaman dalam berbagai kondisi, tidak terkecuali pada kondisi hujan," ujar Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group MMKSI, dalam keterangan yang dikutip VIVA Otomotif, Senin 23 November 2020.

Paling utama yang disarankan untuk dicek adalah wiper mobil, beserta dengan cairan pembersihnya. Komponen ini punya peran penting saat mengemudi di musim hujan, yakni menyeka air di kaca. Periksa kondisi karetnya, dan pastikan masih bisa melakukan kerja dengan sempurna.

Mau Beli Innova Zenix Hybrid, Segini Pajak Tahunannya

Photo :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Tak kalah penting, periksa ban mobil agar lajunya saat hujan tidak membahayakan. Jika permukaan dan alur ban sudah botak, segera ganti dengan yang baru. Selain itu, cek juga tekanan anginnya dan isi sesuai dengan standar dan petunjuk pabrikan.

Rem juga masuk daftar komponen yang wajib dicek, sebelum mengemudi di musim hujan. Periksa kondisi kampas rem untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan penggantian, lihat juga volume minyak rem pada reservoir tank dan pastikan tidak terjadi kebocoran.

Pastikan fungsi kelistrikan yang utama di mobil Anda semua berfungsi dengan baik. Mulai dari meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan lainnya. Kabel kelistrikan pada mobil, umumnya sudah dibekali dengan socket yang waterproof.

Baca juga: Gak Usah Bingung Kalau Mobil Baru Lebih Cepat Hancur Saat Kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya