Kunci Remote Sepeda Motor Hilang, Segera Lakukan Ini

Ilustrasi kunci remote sepeda motor
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

VIVA –Berbeda dengan versi lawas, pada motor="" tag="" www.viva.co.id="">motor">sepeda motor keluaran baru biasanya tersedia varian keyless. Artinya, kendaraan roda dua itu tak lagi memakai batang kunci untuk menyalakan mesin, serta membuka bagasi.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Sebagai gantinya, pabrikan otomotif roda dua menyiapkan remote yang bisa terkoneksi dengan sepeda motornya. Jadi, untuk menyalakan mesinnya cukup mendekatkan kunci canggih itu ke sepeda motor, lalu putar kenop yang biasanya terpasang di konsol depan.

Saat konsumen membeli motor varian keyless dalam kondisi baru, mereka akan mendapat dua unit remote beserta barcode nomornya. Ini disiapkan oleh pabrikan sebagai antisipasi jika kunci tersebut jatuh, atau bahkan hilang.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Technical Servis Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, bahkan jika salah satu remote kunci terjatuh atau hilang, pemilik motor bisa melakukan blokir melalui jaringan bengkel resmi. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi kunci tersebut dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab.

"Kalau remotenya jatuh atau hilang, bisa diblokir dengan bantuan bengkel resmi. Jangan lupa untuk membawa barcode yang dikasih pas pertama beli. Keyless pakai sinyal yang terkoneksi dengan motornya, khawatir dimanfaatkan orang lain," ujarnya belum lama ini.

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Lantas, bagaimana jika kedua kunci tersebut hilang? Endro mengatakan, jika pemilik mengalami kondisi yang membuat kedua kunci hilang, maka satu-satunya cara adalah melakukan penggantian dengan membawa identitas diri beserta barcodenya.

"Katakan dalam kondisi terburuk dan dua remotenya hilang. Maka, harus ganti SCU (smart control unit) itu sudah satu set dengan remote, serta ECM (engine control unit)," paparnya.

Baca juga: Mobil Sultan Versi Nyata Dijual Online, Harganya Rahasia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya