Bantu Banget Pas Ban Mobil Bocor, Jenis Dongkrak Ternyata Beragam

Ilustrasi dongkrak mobil
Sumber :
  • Carbibles

VIVA – Saat mengemudi mobil, tak jarak mengalami bocor ataupun kempis pada roda, ketika belum mencapai lokasi tujuan. Kondisi ini membuat pengemudi harus menggantinya dengan ban serep, atau bahkan menambalnya.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Ketika melakukan pekerjaan tersebut, pengguna kendaraan membutuhkan peralatan bernama car jack, atau mudahnya disebut dongkrak. Fungsinya untuk menaikan dan menopang beban kendaraan, ketika salah satu ban kempis dan membuat posisi mobil jadi miring.

Saat VIVA Otomotif menilisik laman resmi Daihatsu Indonesia, Jumat 11 Desember 2020, diinformasikan bahwa dongkrak awalnya merupakan salah satu peralatan untuk mempermudah pekerjaan mekanik ketika melakukan servis, maupun umum dipakai ketika ban bocor.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Perangkat tersebut bahkan juga disiapkan oleh pabrikan untuk mempermudah pengguna kendaraan, saat melakukan penggantian ban. Biasanya, alat ini disiapkan satu set bersama roda cadangan, atau perangkat penambal di mobil-mobil keluaraan baru.

Ada beberapa jenis dongkrak yang tersedia di mobil, maupun sebagai piranti tool kits tambahan. Ini menyesuaikan dengan model dan beban kendaraan yang membutuhkannya.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Model yang umum ditemui adalah dongkrak Ketupat. Ketika tak dipakai, alat ini terlihat seperti batangan besi panjang dan mudah disimpan di kabin. Untuk memakainya, cukup memutar poros ulir searah jarum jam. Semakin tinggi penahan beban, maka akan terlihat jelas bentuk mirip ketupatnya.

Ada juga model dongkrak botol, yang kapasitas menahan bebannya lebih besar, yakni mulai dari 2 ton hingga 100 ton pun ada. Memakai perangkat ini membuat pengguna lebih mudah, meski kendaraan berperawakan bongsor dan berbobot berat.

Dongkrak lain yang tak juga dikenal masyarakat adalah model Buaya. Ketika dipergunakan, alat untuk menopang kendaraan tersebut memiliki bentuk layaknya mulut buaya yang sedang menganga. Sayangnya, jenis ini hanya mampu mengangkat beban antara 1,5 ton hingga 20 ton.

Jenis terakhir kerap disebut masyarakat sebagai Botol Buaya. Sesuai namanya, desain dongkrak ini mengkombinasikan dua jenis alat penopang beban kendaraan, serta roda untuk memudahkan menggesernya. Biasanya, alat ini banyak dipakai untuk kebutuhan bengkel.

Baca juga: Ada Mobil Baru Hyundai Namanya Staria, Bakal Lahir di Cikarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya