Kaca Mobil Ngadat Saat Turun dan Naik, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Memperbaiki bagian power window yang rusak.
Sumber :
  • Powerwindowpro.com

VIVA – Pada mobil-mobil keluaran baru, untuk membuka kaca jendela sisi kiri maupun kanan bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol yang biasanya ada di dinding pintu alias doortrim, maka kaca otomatis turun.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 18 April 2024

Untuk menutupnya, biasanya cukup dengan menekan tombol yang sama ke arah atas. Cara ini bisa dilakukan karena pabrikan menyematkan komponen dan perangkat elektronik, untuk mengganti putaran tangan ketika membuka dan menutup jendela di pintu.

Ya, di mobil lawas biasanya untuk membuka jendela pintu kiri maupun kanan, pengguna kendaraan harus memutar tuas atau engkol yang ada. Kini, kerja tangan manusia digantikan dengan fitur power window.

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Sayangnya, seiring usia pemakaian kendaraan biasanya kerja power window tidak lagi maksimal. Kendala yang sering dialami, pengemudi maupun penumpang akan mengalami kesulitan ketika hendak membuka atau menutup kaca.

Padahal, membuka dan menutup jendela mobil biasa dilakukan pengemudi saat membayar parkir atau melakukan transaksi di gerbang tol. Sementara di sisi penumpang, biasa dilakukan untuk mencari sirkulasi udara dari luar, maupun ingin membeli sesuatu tanpa keluar dari kendaraan.

Mobil MPV Terlaris Ini Bakal Dapat Mesin Hybrid

Melansir dari laman resmi Auto2000, Selasa 28 Desember 2020, fitur untuk membuka dan menutup jendela secara mudah itu merupakan satu kesatuan perangkat elektronik. Artinya, saat ada satu komponen saja bermasalah, akan sulitan mengoperasikannya.

Photo :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

Ada beberapa hal yang kerap menjadi penyebab power window macet. Penyebab paling sering terjadi adalah posisi rel untuk naik dan turun jendela kotor. Salah satu indikatornya, ada bunyi berdecit saat membuka atau menutup kaca.

Penyebab lainnya, dinamo untuk menggerakkan perangkat elektronik power window ngadat. Jika komponen ini rusak, maka siapkan dana lebih untuk melakukan penggantian, agar kerja jendela kembali normal.

Power window macet, bisa jadi disebabkan sakelar atau tombol untuk mengaktifkannya rusak. Kerusakannya bisa terjadi akibat konslet, ataupun karena plastik di bagian dalam saklar mengalami aus. Jika mengalaminya, maka ganti sakelar yang sesuai dengan desain pada dootrim mobil.

Sumber masalah terakhir power window macet adalah sekring yang putus. Kondisi ini menyebabkan aliran listrik ke komponen lain berhenti. Untuk mengeceknya, bisa membuka rumah sekring dengan posisi berbeda-beda pada setiap mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya