Desain Atap Mobil Ada yang Polos atau Bergaris, Ini Tujuannya

Ilustrasi atap mobil
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Atap mobil bisa menarik perhatian orang yang melihatnya, jika terdapat sunroof maupun moonroof untuk memaksimalkan penampilannya. Meski demikian, desainnya ternyata punya peran penting untuk keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Meski sekilas hampir semuanya sama, ternyata model atap yang didesain oleh pabrikan, menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang diproduksi. Sehingga, bagian ini juga sangat diperhatikan oleh para desainer pembuat kendaraan.

Apalagi, desain atap ternyata berpengaruh besar untuk aliran udara atau aerodinamika mobil ketika melaju. Tentunya, hal ini juga berkaitan erat dengan keselamatan penumpang yang ada di kabin kendaraan.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Pada mobil berdimensi mungil seperti citycar, sedan, dan hatchback biasanya atap di memiliki desain polos. Hanya sudutnya mengikuti bentuk mobil secara keseluruhan. Sementara untuk jenis MPV dan SUV, atapnya diberi aksen garis dengan jumlah tertentu.

"Kalau sedan seperti Accord dan Jazz minimalis dan desain atapnya polos, makannya ditambah penopang pilar di bawah plafon,” ujar Ali, Service Advisor bengkel Honda Pondok Indah seperti dikutip dari seperti dikutip dari 100KPJ, Senin 11 Januari 2021.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Photo :
  • Shinafavorit

Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi mengatakan, fungsi garis-garis tersebut adalah sebagai penguat atap saat ada beban, serta menjadi silencer saat hujan turun.

Silincer maksudnya suara air hujan, menjadi lebih kecil kedengarannya. Walaupun ada faktor lain untuk mengurangi noise saat turun hujan, seperti busa peredam atau isolator,” tuturnya.

Sementara itu, Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menyebut, tujuan garis-garis yang menonjol pada atap mobil punya dua tujuan sekaligus, yakni sebagai penguat sekaligus aerodinamika atau jalur angin saat kendaran melaju.

“Sekarang Camry desain atapnya masih polos. Tapi sekarang sedan mulai mengikuti seperti Vios istilah desain garis itu catamaran roof, bentuknya seperti lambung kapal tujuannya untuk aerodinamika dan penguatan,” kata Didi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya