Pengemudi Mobil Wajib Tahu, Ternyata Ini Penyebab Rem Blong

Ilustrasi servis rem mobil
Sumber :
  • dok. Auto2000

VIVA – Rem menjadi komponen penting, untuk menunjang keselamatan orang-orang di mobil maupun pengguna jalan di sekitarnya. Sebab, perangkat ini berfungsi menahan laju kendaraan dalam kondisi tertentu.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Meski berkaitan dengan keselamatan di jalan, masih ada saja pengguna mobil yang mengabaikan fungsi rem. Padahal, mobil yang melaju cepat bisa menimbulkan korban jiwa maupun harta benda.

Kecelakaan mobil akibat rem gagal berfungsi pun kerap terjadi, baik di jalan raya maupun di jalan tol. Lantas, apa sih yang sebenarnya bisa membuat komponen penahan laju kendaraan tersebut tak bekerja sempurna alias blong?

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Tips otomotif dalam siaran pers Auto2000 yang dikutip VIVA Otomotif, Senin 18 Januari 2021, disebutkan bahwa penyebab paling umum dari rem blong ada di sektor pelumasan atau minyak rem yang habis.

Biasanya pengguna mobil lalai dan membiarkan minyak remnya habis. Penyebab lain dari rem blong adalah masuknya udara pada sirkulasi minyak rem. Sehingga, menyebabkan terjadinya oksidasi dan menghasilkan uap air yang akan menguap saat panas dan membuat tekanan pelumasan menurun.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Pada komponen rem mobil yang berumur, biasanya ada endapan lumpur yang bisa menyumbat, dan akhirnya menyebabkan macet. Selain itu, karat di perangkat berbahan besi juga bisa menjadi penyebab awal penahan laju kendaraan itu tak berfungsi normal.

Penyebab lainnya dari rem blong pada mobil, terjadi karena selang berbahan karet yang sudah tidak fleksibel atau bahkan pecah saat menerima tekanan berat. Lalu, bisa juga karena kampas rem aus, kaliper membeku, piston rem atau seal piston master silinder rusak akibat pemakaian yang terlalu lama.

Bermodal belajar kendarai mobil lewat youtuber berakhir tragis

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Pria yang viral ini karena belajar mengemudikan mobil hanya bermodalkan nonton lewat tutorial di Youtube. Hasilnya, mobil yang yang dipakai berkendara pun hancur parah...

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024