Mobil Baru Bisa Langsung Melaju tanpa Menunggu Mesin Panas?

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setiap orang pasti ingin memiliki mobil yang awet dan bisa diandalkan kapan saja. Selain melakukan perawatan secara rutin di bengkel, hal lain yang bisa mewujudkan hal itu adalah mengetahui cara pengoperasian yang benar.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Tidak sedikit kendaraan rusak akibat pengemudi melakukan kesalahan, seperti membiarkan transmisi otomatis di posisi D saat melalui tanjakan, atau mengisi tangki dengan bahan bakar yang kualitasnya rendah karena harga murah.

Hal lain yang juga sering jadi sorotan adalah saat pertama kali menggunakan mobil di pagi hari. Beberapa menyarankan untuk memanaskan mesin terlebih dahulu, sementara yang lain berkata bahwa mobil zaman sekarang bisa langsung digas tanpa perlu melalui proses itu.

8 Mobil Baru Rp100 Jutaan per April 2024

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Mobil Lubricants, Rabu 20 Januari 2021, proses memanaskan mesin memang diperlukan, namun durasinya tidak lebih dari tiga menit. Hal itu disebabkan sudah canggihnya sistem manajemen mesin, di mana komputer akan mengatur agar kendaraan siap dipakai dalam waktu singkat.

Jika membiarkan mesin dalam kondisi hidup selama lebih dari tiga menit, Anda hanya akan buang-buang bensin saja. Suhu ideal tetap diperlukan, agar campuran bahan bakar dan udara bisa menghasilkan emisi yang rendah.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Salah satu faktor yang menentukan seberapa cepat suhu mesin naik ke angka ideal, yakni jenis pelumas yang digunakan.

Pelumas sintetik lebih mudah mengalir daripada jenis mineral. Saat mesin pertama kali dinyalakan, pelumas mineral memerlukan waktu beberapa saat untuk mengalir. Sementara, pelumas sintetik mengalir lebih cepat, sehingga melindungi bagian yang bergerak pada mesin.

Jenis pelumas sintetik juga ideal dipakai pada mobil yang memakai mesin dengan turbocharger. Tingginya suhu mesin bisa ditangani oleh pelumas tersebut, sehingga tetap memberi perlindungan pada komponen.

Salah satu contohnya, yakni produk Mobil Super All-in-One Protection 0W-20 yang kini sudah dilengkapi dengan API SP, yakni standar pelumas mesin terbaru yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute. Produk ini dibuat menggunakan bahan dasar full synthetic serta telah dilengkapi dengan Heat Activated Anti-wear Molecule.

Photo :
  • Mobil Lubricants Indonesia

“Kami terus berkomitmen dan berupaya selalu terdepan dalam menghadirkan inovasi produk, yang dapat memberikan perlindungan terbaik pada mesin kendaraan. Target dalam waktu dekat yakni menghadirkan standar spesifikasi API SP untuk seluruh lini produk pelumas kami,” ujar Mobil Consumer Brand General Manager, Rommy Averdy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya