Ban Motor Kempis Walaupun Gak Kena Paku, Ini Penyebabnya

Mekanik memeriksa ban motor
Sumber :
  • Wahana Honda

VIVA – Benda tajam menjadi musuh para pengguna kendaraan roda dua, lantaran berisiko menimbulkan lubang maupun robek pada karet ban motor. Akibatnya, tekanan angin di dalamnya keluar, dan membuat pengendara maupun penumpang tak nyaman dalam berkendara.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Selain karena benda tajam seperti paku, kaca, maupun besi payung, ban sepeda motor yang kempis bisa terjadi karena karet tak menempel dengan sempurna pada pelek. Ini membuat angin di dinding dalamnya keluar secara perlahan.

Melansir dari 100KPJ, Minggu 7 Februari 2021, penyebab ban motor kempis bisa jadi, karena adanya benda asing seperti butiran pasir yang menempel, lalu membuat celah kecil di antara karet roda dan peleknya.

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Celah kecil antara pelek dan karet ban, membuat ruang untuk keluarnya tekanan angin. Meski tak tertusuk benda tajam, kondisi tadi membuat roda sepeda motor perlahan tapi pasti menjadi kempis. Ini tentunya merepotkan pengguna saat melakukan perjalanan.

Untuk itu disarankan untuk melakukan pengecekan tekanan angin secara rutin. Apabila roda sepeda motor mulai sering kempis, bisa dilakukan pengecekan memakai air sabun. Jika ada celah kecil antara pelek dan ban, maka akan menimbulkan gelombang udara.

Pengendara Motor yang Mudik akan Dikawal Polisi

Tips otomotif lainnya untuk para pemilik sepeda motor, pilih ban berkualitas baik. Kualitas karet yang baik, biasanya lebih tahan dari risiko kebocoran, dan bisa menempel dengan rapat pada dinding pelek. Sehingga memperkecil tekanan angin keluar dari ban.

Selain itu, cek juga bagiannya pentil. Komponen ini kerap ikut andil sebagai penyebab ban kempis, dan bisa ditandai terdengarnya suara tekanan angin. ketika kondisinya sudah tidak bagus, segera ganti dengan yang baru.

Kendaraan milik pengemudi sedan yang hancur usai tabrak pengendara motor dan 3 pedagang di tangerang

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Pengemudi mobil sedan diamankan polisi setelah menabrak 3 pedagang dan pengendara roda dua yang sedang membawa penumpang, akibatnya satu orang dinyatakan tewas di tempat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024