Motor Ini Bagusnya Pakai Oli Kental

Ilustrasi pengecekan oli motor
Sumber :
  • Mobil Lubricants Indonesia

VIVA – Oli menjadi salah satu bahan kimia yang sangat dibutuhkan oleh sepeda motor. Fungsinya melumasi komponen yang ada di dalam mesin, sehingga bisa bergerak dengan lancar dan minim gesekan.

Teknologi Ini Bikin Pemilik Kendaraan Tak Perlu Sering Ganti Oli

Pelumas yang ada di pasaran bermacam-macam jenis dan spesifikasinya. Ada yang encer, ada juga yang lebih kental.

Meski keduanya bisa diisikan ke motor yang sama, namun efek yang ditimbulkan ada perbedaannya. Lantas, bagaimana menentukan mana oli yang cocok untuk motor yang dimiliki?

Pakai Pelumas Ini Efeknya Jadi Mengerikan

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Federaloil, Jumat 26 Februari 2021, supaya performa mesin motor kamu tetap stabil dan terjaga, perlu memakai oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin.

Pada motor yang usianya sudah cukup lama, maka jarak antarkomponen jadi lebih renggang akibat pemakaian. Hal ini membuat adanya celah yang cukup besar.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Penggunaan oli yang lebih kental bisa mengisi celah tersebut, sehingga kinerja komponen jadi maksimal dan bisa meminimalkan suara kasar. Selain itu, pelumas jenis ini juga cocok untuk kuda besi yang dibuat lebih dari 10 tahun lalu.

Motor keluaran terbaru bisa saja memakai oli kental, namun efeknya tarikan jadi lebih berat. Hal ini akan berpengaruh pada performa. Selain itu, celah yang sangat rapat pada mesin zaman sekarang akan menyulitkan oli kental untuk bersirkulasi.

Selain tingkat kekentalan, pemilik motor juga perlu mengganti oli secara rutin sesuai pemakaian. Hal ini akan berpengaruh pada awetnya mesin, sehingga bisa digunakan hingga bertahun-tahun tanpa kendala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya