Cara Mengatasi Saldo E-money Kurang saat Masuk Tol

Petugas membersihkan area gerbang tol
Sumber :
  • dok. Jasa Marga

VIVA – Jalan tol di Indonesia sudah menggunakan sistem non-tunai atau cashless untuk transaksi. Jadi, para pengemudi mobil wajib menggunakan kartu khusus yang biasa disebut e-toll.

Jasa Marga: 328 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek di Long Weekend

Uang dalam bentuk digital itu bisa menyimpan saldo dalam jumlah tertentu. Cara penggunaannya praktis, cukup tempelkan di mesin yang tersedia. Beberapa kartu e-money juga bisa berfungsi untuk transaksi ini.

Komputer secara otomatis akan mendebit saldo sesuai dengan tarif tol. Pada beberapa gardu masuk, menempelkan kartu atau umum disebut tap berfungsi sebagai pembuka portal saja, sementara penagihan akan dilakukan di gerbang keluar.

Kaget Lihat Jumlah Daihatsu Xenia yang sudah 20 Tahun di Indonesia

Cara ini diklaim mampu memangkas waktu pembayaran dari 7 menjadi 4 detik, sehingga antrean bisa lebih lancar. Namun meski sudah diluncurkan sejak 2009, masih ada saja pengguna jalan tol yang mengalami masalah.

Problem terbanyak yang muncul di gardu tol adalah, kartu e-toll saldonya tidak mencukupi. Jika sudah begini, umumnya pengemudi akan meminjam kartu kendaraan yang ada di belakang.

Parah! Ada Oknum yang Meloloskan Uji Tipe Kendaraan Tidak Sesuai Aturan

Selain membuat tidak nyaman dan menambah waktu antrean, cara tersebut juga tidak bisa dipakai pada sistem tertutup, yang mengharuskan pengemudi tap di pintu masuk dan keluar.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @official.jasamarga, Kamis 11 Maret 2021, alasannya adalah karena kartu hanya bisa dipakai untuk satu kendaraan per transaksi di sistem tersebut.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika saldo e-toll tidak cukup?

Pengelola jalan tol menyediakan tombol darurat pada mesin yang digunakan untuk membaca kartu. Tekan tombol tersebut, untuk meminta bantuan petugas.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Biasanya, portal akan dibuka manual dan pengemudi diminta menepi untuk mengisi ulang saldo di tempat yang sudah disediakan.

Agar tidak mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selain mampir ke minimarket atau ATM untuk mengecek saldo.

Jika memiliki ponsel yang mendukung NFC (Near Field Communications), unduh aplikasi perbankan sesuai kartu e-money yang digunakan lalu cek saldo melalui menu yang tersedia.

Pada beberapa mobil baru, tersedia fitur pengecekan saldo e-money sehingga pengemudi bisa tenang saat melakukan perjalanan. Namun, fitur ini tidak bisa dipakai untuk mengisi ulang saldo.

Photo :
  • tangkapan layar Youtube Toyota
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya