Tips Mudah Rawat Mobil Sendiri di Rumah

Ilustrasi mesin mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setiap pemilik mobil menginginkan kendaraannya tetap dalam kondisi prima untuk menunjang segala aktivitas harian. Namun karena kesibukan, kadang perawatan rutin saja sering terlewatkan. 

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Di masa pandemi saat ini, pengecekan ringan bisa dilakukan oleh pemilik mobil. Sebut saja seperti pengecekan oli mesin, oli rem, oli power steering, air radiator, air washer dan air aki mobil. 

Berdasarkan keterangan dari Daihatsu, Jumat 9 April 2021, ada tips mudah untuk melakukan pengecekan fluida agar mobil tetap dalam kondisi prima. 

Daihatsu Gran Max 4 Rupa Ramaikan Pameran GIICOMVEC 2024

"Pertama-tama, pastikan kendaraan diparkirkan di lokasi yang aman dan di berkontur tanah atau lantai yang rata," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi. 

Selanjutnya, kata dia, buka kap mesin depan kendaraan dengan menarik knob pembebas kunci kap mesin. Selanjutnya lakukan pengecekan fluida pada ruang mesin. Pada oli mesin, hidupkan mesin beberapa saat hingga mencapai temperatur kerja, matikan mesin, tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin. 

Daihatsu Xenia Kena Recall

"Ambil kain lap bersih, tarik dipstick oli mesin bersihkan dengan kain, masukan kembali dipstick sepenuhnya dan tarik, cek volume oli, ada tiga level oli mesin, yakni, rendah, normal, berlebih. Pastikan oli mesin pada posisi normal, apabila rendah tambahkan oli mesin jenis yang sama," tuturnya.

Untuk oli rem, lanjut dia, cari posisi master cylinder rem, di sana terdapat reservoir untuk oli rem, periksa ketinggaian levelnya, apabila antara mini dan max maka cukup, apabila posisi di minimal atau di bawahnya, tambahkan dengan oli rem yang sama sampai mencapai level max.

"Pada pengecekan air radiator periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant dengan tipe yang sama," ujar dia.

Untuk penggunaan air wiper, saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper. Apabila kurang tambahkan dengan air yang bersih.

"Air aki juga tidak kalah pentingnya, apabila tidak dilakukan pengecekan dan terlambat dalam menambahkan maka aki akan rusak. Pastikan level air aki pada posisi upper dan lower, apabila pada posisi lower maka tambahkan air aki hingga mencapai level upper," katanya. 

Pada pengecekan power steering dengan tipe hydraulic, hidupkan mesin, setelah mesin pada suhu kerja, buka tutup reservoir kemudian periksa volume oli power steering, pastikan ada di batasan upper dan lower, apabila kurang dari batas bawah tambahkan oli power steering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya