Musim Panas Mobil Perlu Ganti Oli Lebih Kental?

Ilustrasi ganti oli mobil
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA – Oli atau pelumas menjadi salah satu komponen paling penting, yang berfungsi menjaga mesin agar bisa berfungsi dengan baik.

Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Aksi 'Eni Peduli PMI' Bergulir di DKI dan Bekasi

Kegunaannya tidak hanya sekadar melumasi, namun juga melindungi komponen dan sekaligus mereduksi panas berlebih. Saat dipakai di cuaca dingin, oli bermanfaat menjaga suhu mesin supaya tetap optimal.

Produsen membuat oli dengan beberapa macam spesifikasi, ada yang kental dan ada juga yang cenderung encer. Masing-masing memiliki kelebihan, misalnya oli encer cenderung membuat putaran mesin jadi lebih ringan.

Bingung Kapan Harus Ganti Oli Mobil? Ini 5 Ciri yang Harus Diketahui

Sementara itu, oli kental ideal dipakai di wilayah yang suhu udaranya relatif stabil dan hangat. Lantas, perlukah pelumas yang ada dikuras dan diganti dengan model ini saat musim panas tiba?

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva, Rabu 14 April 2021, Kepala Bengkel Auto2000 Kebayoran Baru, Rocky Yonathan mengatakan bahwa hal tersebut bukan sesuatu yang harus mendesak dilakukan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

“Kekentalan oli itu kan ada rumusnya masing-masing, bagaimana mereka bisa menyesuaikan dengan suhu tertentu,” ujarnya.

Menurutnya, perubahan suhu yang terjadi saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau di Indonesia tidak banyak selisihnya. Berbeda jika unit yang tadinya dikemudikan di area perkotaan seperti Jakarta, kemudian dipindah ke tempat yang suhunya sejuk.

Rocky menjelaskan, yang paling penting adalah kendaraan memakai pelumas dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya, keluaran terbaru memakai oli encer.

Sementara jika usia pemakaiannya sudah mencapai belasan hingga puluhan tahun, maka dianjurkan menggunakan oli kental karena celah antarkomponen semakin membesar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya