Cara Bikin Mobil Tua Biar Awet Muda

Bengkel mobil
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Tidak semua orang memiliki keinginan untuk mengganti mobil lama mereka dengan yang baru. Ada beberapa yang memilih untuk terus memakainya, dan ada juga yang memilih untuk menambah jumlah unit.

Tips Menjaga Mobil Tua Tetap Tangguh

Meski model baru dengan teknologi canggih dan tampilan keren terus bermunculan, namun hal itu tidak membuat mereka tergiur. Biasanya, mobil yang dimiliki saat ini memiliki sejarah khusus sehingga sayang untuk dilepas.

Walaupun hal itu sah-sah saja untuk dilakukan, namun pemilik perlu mengetahui beberapa hal supaya kendaraan tetap bisa diandalkan, meski umurnya terus bertambah.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Senin 17 Mei 2021, supaya mobil lama tetap berfungsi dengan normal maka yang harus dilakukan adalah mengganti semua jenis oli dan cairan secara rutin, mulai dari mesin, transmisi hingga rem dan air radiator.

Jangan pernah berpikir bahwa selama tidak ada masalah maka tidak perlu dilakukan pergantian, karena tak jarang kerusakan muncul berawal dari kelalaian melakukan hal itu. Sebaiknya lakukan di bengkel resmi atau yang memiliki sistem pencatatan berbasis komputer, sehingga datanya bisa dilihat sewaktu-waktu dibutuhkan.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Kedua yakni menggunakan jasa tune-up mesin yang ditawarkan oleh bengkel. Mekanik akan melakukan pemeriksaan yang lebih detail, serta membersihkan dan menyetel ulang komponen di mesin supaya bisa tetap beroperasi secara normal.

Meski dibuat menggunakan komponen yang berkualitas, namun ada beberapa komponen yang harus diperiksa kondisinya serta mungkin diganti jika sudah rusak. Contohnya kabel serta bagian lain yang terbuat dari bahan karet.

Kaki-kaki juga sebaiknya diperiksa secara berkala, mulai dari kondisi suspensi hingga roda dan ban. Pastikan tekanan angin sesuai, serta cek posisi roda dengan menggunakan fasilitas spooring dan balancing.

Terakhir dan tidak kalah penting, yakni menjaga kebersihan mobil supaya bebas dari karat dan kusam. Hal ini juga berlaku untuk bagian interior, di mana kadang tumpahan air bisa membuat bodi jadi korosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya