Cara Mudah Cek Kondisi Mobil, Hanya Butuh 5 menit

Ilustrasi mengecek kondisi mobil.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa supaya kondisi mobil selalu prima dan siap digunakan setiap saat, maka harus mendapatkan perawatan secara berkala.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Caranya juga tidak susah, cukup mendatangi bengkel resmi dan menunggu mekanik selesai memeriksa berbagai macam komponen yang penting.

Biasanya hal ini dilakukan setiap beberapa bulan, tergantung jarak tempuh atau jangka waktu tertentu yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Namun, terkadang kerusakan bisa terjadi usai mobil mengalami kondisi tertentu. Misalnya, menghantam lubang di jalan atau terlibat kecelakaan kecil dengan kendaraan lain.

Kendaraan tidak langsung mogok, namun ada komponen yang kondisinya rusak. Jika dibiarkan, maka bisa menyebabkan mobil tidak bisa digunakan dan harus diderek ke bengkel.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Supaya hal itu tidak terjadi, sebaiknya pemilik memeriksa kondisi mobil setiap kali hendak bepergian. Caranya tidak susah, dan hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi PT Honda Prospect Motor, Kamis 20 Mei 2021, komponen pertama yang diperiksa yakni air radiator.

Hal ini dilakukan dengan melihat kolong mobil, pastikan tidak ada tetesan yang warnanya senada dengan cairan radiator. Lalu, cek kotak penampungan cairan tersebut apakah volumenya sudah sesuai aturan.

Setelah selesai dengan radiator, lanjutkan memeriksa kondisi pelumas mesin. Caranya sama, yakni periksa apakah di lantai ada tetesan oli atau tidak dan pastikan jumlahnya masih memadai.

Tutup kap mesin, dan lanjutkan dengan mengecek penghapus kaca atau wiper. Apabila karetnya sudah getas atau saat digunakan tidak bisa membersihkan dengan sempurna, segera ganti dengan yang baru.

Terakhir, pantau kondisi ban. Tekanan anginnya harus cukup, tidak ada benda tajam yang menancap dan kembang bersih dari kerikil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya