Semprotan Wiper Berisiko Bikin Kaca Mobil Lecet

Semprotan air wiper.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Kaca depan menjadi salah satu bagian penting pada mobil. Selain menahan benda asing masuk ke dalam kabin, benda transparan ini juga berfungsi melindungi penumpang dari air hujan dan angin.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Seiring pemakaian, ada mobil yang mengalami lecet pada kacanya. Ini biasanya disebabkan oleh kotoran yang menempel, dan kemudian dibersihkan oleh wiper dalam kondisi kering.

Kotoran tersebut mengandung debu halus, yang saat diseka akan menggesek kaca dan berpotensi menimbulkan baret.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Untuk mencegahnya, banyak yang menyarankan supaya memanfaatkan semprotan air yang tersedia di wiper ketika hendak menyapu kotoran di kaca ketika sedang berkendara.

Air disebut berfungsi untuk merontokkan kotoran, sehingga ketika wiper diaktifkan tidak ada debu yang menggores kaca dan menyebabkan lecet.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Namun, rupanya langkah tersebut dikatakan kurang tepat. Sebab, kotoran bisa saja melekat pada karet yang ada di wiper atau area yang tidak kena semprotan air.

“Cara paling tepat untuk membersihkan kaca supaya tidak lecet, yakni dengan membersihkannya menggunakan lap. Ini bisa dilakukan sebelum memulai perjalanan,” ujar Executive Coordinator Technical Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, dikutip VIVA Otomotif Jumat 28 Mei 2021.

Saran lainnya dari Bambang, yakni secara berkala membersihkan karet wiper ketika mencuci mobil. Usapkan sabun pada karet, lalu keringkan dengan lap bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya