Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

Ilustrasi aki motor
Sumber :
  • Yuasa

VIVA – Sampai saat ini, sepeda motor masih menjadi kendaraan bermotor favorit masyarakat Indonesia. Selain mudah dioperasikan, pembeliannya juga tidak terlalu memberatkan karena bisa dicicil dan harganya lebih terjangkau ketimbang mobil.

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Tipe dan jenis yang disediakan oleh produsen juga banyak, sehingga pengguna bisa memilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Bahkan, ada yang memiliki lebih dari satu model.

Biasanya, motor pertama dijadikan sebagai alat transportasi sehari-hari. Sementara, unit yang satu lagi merupakan koleksi dan hanya dikendarai pada momen tertentu saja, misalnya ketika akhir pekan.

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Karena tidak digunakan selama lima hari, muncul anggapan bahwa supaya kondisinya tetap prima maka pemilik harus melepas kabel aki unit motor yang jarang digunakan. Namun, apakah itu memang hal yang perlu dilakukan?

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Astramotor, Rabu 9 Juni 2021, jika berencana dalam waktu lama tidak menggunakan sepeda motor, maka sebaiknya kabel konektor aki dilepas.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

Alasannya, meski mesin dalam keadaan mati, namun komponen kelistrikan pada motor masih bisa menyedot arus dari aki. Jika hal ini berlangsung lama, aki bisa jadi soak.

Satu hal yang perlu diperhatikan, lepas kabel hitam atau terminal negatif terlebih dahulu. Saat memasang, maka urutannya kabel merah atau terminal positif duluan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sistem alarm bawaan maupun aftermarket yang dipasang bakal tidak berfungsi apabila tidak ada arus listrik yang mengalir. Jadi, sebaiknya unit disimpan di tempat yang aman.

Jika unit motor lama tidak dipakai namun tak mau repot melepas kabel aki, maka disarankan untuk memanaskan mesin setiap dua hari sekali. Tujuannya, supaya aki tetap diisi arus listrik yang berasal dari dinamo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya