Kenali Disinfektan yang Aman untuk Kabin Mobil

Ilustrasi membersihkan kabin mobil memakai disinfektan
Sumber :
  • Caradvice

VIVA – Pandemi yang melanda Indonesia sejak tahun lalu, telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat sehari-hari dalam menjalankan aktivitas. Mulai dari memakai masker, hingga menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Demikian pula saat mereka bepergian dengan mobil pribadi, kendaraan harus menjalani proses tertentu untuk memastikan kondisinya tetap bersih dan steril dari virus yang bisa saja masuk ke dalam kabin.

Selain rutin mengganti penyaring udara AC, hal lain yang juga umum dilakukan yakni menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala. Tujuannya membasmi semua virus dan bakteri, yang mungkin berada di dalam kabin.

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Dengan meningkatkan kebutuhan akan cairan disinfektan, membuat kini jumlah produk yang ditawarkan semakin banyak dan beragam. Masing-masing diklaim paling efektif membunuh kuman dan menjaga kesehatan penumpang.

Deputy Group Head of After Sales Planning and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Ronald Reagan mengatakan bahwa jenis disinfektan yang paling aman untuk kendaraan adalah yang sesuai dengan standar Environmental Protection Agency atau EPA.

Ini Syarat dan Cara Mudah Mengurus BPKB Hilang

Ilustrasi pelayanan di bengkel resmi Mitsubishi di fase New Normal

Photo :
  • dok. MMKSI

“Produk tersebut bisa digunakan untuk melawan virus dan bakteri di kabin mobil, tanpa merusak kabin kendaraan. Komponen atau zat inilah yang digunakan di diler-diler kami,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 11 September 2021.

Sementara itu, brand ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar menjelaskan bahwa jenis cairan disinfektan yang aman untuk disemprotkan di kabin mobil adalah yang bahan dasarnya berbasis water base, bukan chemical base.

“Kabin kendaraan kan menyerap panas luar biasa dari luar. Untuk kelembapan ruangan kabin mobil, juga bisa diatur dari water base. Jadi, bahannya seimbang dari air dan kimianya,” tutur Rifat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya