Kenali Penyebab Knalpot Motor Berkarat dan Cara Atasinya

Knalpot motor
Sumber :

VIVA –  Karat pada motor menjadi hal yang paling ditakuti bagi pemiliknya, karena bisa berakibat fatal. Knalpot motor menjadi bagian yang sering mengalami karat, khususnya bagian leher karena terbuat dari logam.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Munculnya karat karena oksidasi, ditambah lagi knalpot adalah komponen yang digunakan untuk melewati gas buang dari sisa ruang pembakaran mesin. Dampak dari karat sendiri tidak sepele, sebab bisa menyebabkan knalpot bocor yang akibatnya bisa merambat ke bagian lainnya.

Ada 3 penyebab knalpot mudah berkarat

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

1. Jarang Dibersihkan

Kotoran sangat mudah menempel pada knalpot karena berada di bawah. Apabila kotoran menempel tak segera dibersihkan akan menjadi kerak dan menjadi penyebab karat. Oleh karena itu untuk menghindari karat akan lebih baik jika Anda rutin mencuci motor apalagi saat musim hujan.

Sesuai Harapan Netizen, Motor Aerox Langsung Terbakar Usai Digeber-geber Knalpotnya saat Takbiran

2. Kerap Terkena Air Hujan dan Udara Air Laut

Air hujan dan udara akan menimbulkan oksida besi merah yang dikenal dengan istilah karat. Mengingat knalpot terbuat dari besi maka karat akan lebih cepat muncul.

3. Uap Air di Tabung Knalpot

Pada saat tabung knalpot mengeluarkan sisa gas emisi maka udara panas akan muncul, namun di dalam knalpot terdapat pendingin. Ketika pendingin ini bekerja maka bisa menimbulkan uap air yang harus dikeluarkan.

Cara Hilangkan Karat

Karat yang sudah terlanjur muncul pada knalpot harus segera dibersihkan. Jika tidak akan merambat ke seluruh area dan menciptakan keropos. Sebelum karat pada knalpot semakin banyak, Anda perlu tahu cara untuk menghilangkannya.

1. Pasta Gigi

Oleskan pasta gigi pada permukaan knalpot yang berkarat. Kemudian ratakan dengan sikat gigi dan tunggu sebentar. Hapus pasta gigi hingga bersih dan karat akan menghilang.

2. Oli Gemuk atau Oli Bekas

Saat kondisi knalpot panas, oleskan oli gemuk atau oli bekas ke area karat yang muncul secara menyeluruh. Terus nyalakan kendaraan karena karat akan meleleh dengan sendirinya bersamaan oli gemuk. Cara ini dapat menghilangkan karat yang sudah menumpuk sangat tebal.

3. Krim Khusus Pembersih Karat

Anda harus melepaskan knalpot terlebih dahulu. Lanjutkan dengan pengamplasan seluruh bagian knalpot sampai bersih jangan hanya di bagian yang terkena karat saja. Lalu oleskan krim karat.

4. Pertamax Turbo

Bahan bakar pertamax turbo dicampur dengan minyak tanah. Cara menghilangkannya juga diawali dengan melepaskan knalpot supaya lebih aman. Oleskan campuran tersebut pada permukaan yang berkarat dan tunggu beberapa menit. Sikat area yang sudah dioleskan dengan sikat gigi sampai karat menghilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya