Para Pemula Bisa Ikuti 9 Cara Mudah Parkir Mobil Matik Ini

Mobil mewah milik anggota Komisi III DPR parkir di Gedung KPK
Sumber :
  • VIVA/Edwien Firdaus

VIVA – Mermarkir sebuah mobil memang membutuhkan keahlian khusus, terlebih jika lahannya tak memungkinkan. Seperti di parkiran mall yang sempit, atau area perkantoran yang terkadang tak ada juru parkirnya.

Bengkel Mobil Matik Punya Gudang Sparepart, Korban Penculikan Oknum Ojol Lompat

Bagi para pemula yang mengendarai mobil matik bisa ikuti beberapa cara ini, seperti dikutip dari situs resmi Suzuki.

1. Cari Parkiran yang Sepi

Bengkel Spesialis Mobil Matik Ini Sering Jadi Rujukan, Punya Gudang Sparepart

Disarankan untuk mencari area atau tempat parkir yang masih sepi. Hal ini dilakukan guna menghindari benturan dengan mobil lain. Pada umumnya gedung-gedung besar memiliki spot parkir favorit yang biasanya terletak di area dekat pintu masuk.

Maka dari itu, pilihlah tempat parkir yang sedikit lebih jauh dari spot favorit. Hal ini dilakukan agar Anda lebih mudah dalam menata mobil saat parkir. Tidak masalah jika tidak ada peneduh, asalkan tempat parkirnya cukup luas dan nyaman.

Polda Metro dan Dishub Kaji Aturan Kepemilikan Garasi untuk Syarat Perpanjang STNK hingga SIM

2. Parkir di Sisi Jalan yang Luas

Parkiran di pinggir jalan ini ada karena tempat yang Anda tuju tidak memiliki lahan parkir pribadi sehingga perlu bantuan dengan memakan sisi pinggir jalan. Sebaiknya berjalanlah dengan perlahan sambil menyalakan lampu sein guna memberitahu pengendara lain bahwa Anda sedang mencari area parkir.

Setelah menemukan lahan yang kosong, pastikan jika lahan tersebut berukuran sedikit lebih besar dari mobil yang Anda gunakan.

3. Manfaatkan Teknologi di Mobil

Beberapa mobil matik mahal dengan spesifikasi tingkat tinggi bahkan sudah dilengkapi teknologi seperti sensor mundur hingga kamera belakang. Keberadaan teknologi ini tentu membantu para pengemudi dalam memarkirkan mobilnya.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kamera belakang untuk melihat objek dalam jarak dekat agar bisa mewaspadai adanya pengguna lain di belakang.

4. Perhatikan Spion

Spion adalah salah satu alat yang paling tepat untuk mengatur parkir agar berada dalam posisi yang benar. Anda perlu memaksimalkan penggunaan spion saat memarkirkan mobil matik di dalam ruangan.

Jika sekiranya kesulitan memperhatikan spion dari dalam mobil, Anda bisa mengeluarkan kepala untuk melihat keadaan di sekeliling Anda. Untuk mobil matik model terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan sensor atau kamera mundur.

5. Beri Jarak Antara Bagian Kanan dan Kiri

Untuk Anda yang masih belum menguasai cara memarkirkan mobil dengan benar, pemberian jarak ini sangatlah penting. Selain untuk menghindari goresan dengan mobil lain, jarak ini diberikan guna memudahkan penumpang saat akan keluar dari mobil. Cobalah untuk parkir seperti ini di tempat yang masih cukup kosong.

6. Tetap Tenang

Saat memarkirkan mobil matic harus dalam kondisi yang tenang. Jika Anda tergesa-gesa dan tidak tenang saat parkir, mobil akan terasa lebih sulit diatur. Terlebih lagi saat parkir di tempat yang ramai dan penuh dengan pengunjung, Anda perlu lebih tenang dan berhati-hati. Tanpa kesabaran dan ketenangan, skill parkir yang sebelumnya sudah dikuasai bisa saja menghilang.

7. Buka Jendela Mobil

Saat parkir Anda perlu memperhatikan kondisi sekelilingnya. Agar bisa melihat dengan lebih jelas, Anda bisa membuka jendela mobil dan mematikan audio mobil. Audio di dalam mobil dapat mengganggu konsentrasi saat parkir.

8. Amankan saat Parkir

Keamanan mobil matic saat diparkirkan sangatlah penting. Anda perlu mengamankannya agar mobil tidak melaju tiba-tiba. Di sini, Anda perlu memasang rem tangan dengan benar setelah mobil berhasil terparkir.

Pemasangan rem tangan ini dilakukan guna membuat mobil tidak bergerak atau berjalan saat Anda tinggal.

9. Memarkir Mobil Matic Secara Paralel

Cara parkir mundur yang banyak dilakukan adalah memarkir secara paralel. Pertama, cari tempat parkir kosong terlebih dahulu. Pastikan untuk menemukan tempat parkir dengan ruang yang lebih lapang. Anda bisa mulai memundurkan mobil matic secara perlahan.

Perhatikan kedua sisi spion untuk mengantisipasi adanya barang atau lonjakan di sekitar mobil. Setelah itu putar setir mobil sepenuhnya searah dengan jarum jam. Lakukan hal ini selagi Anda menginjak rem mobil. Selanjutnya, terus mundurkan mobil matic sampai berhasil terparkir dengan sempurna. Apabila Anda menabrak trotoar atau terlalu dekat dengan mobil lain, putar kembali setir ke bagian kanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya