Cara Mudah Merawat Aki Mobil biar Enggak Mudah Tekor

Ilustrasi jumper aki mobil
Sumber :
  • Consumerreports

VIVA – Setiap kendaraan bermotor membutuhkan aki, yang fungsinya menyimpan arus listrik untuk digunakan oleh komponen kelistrikan, mulai dari lampu hingga busi.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Dengan semakin canggihnya perkembangan dunia otomotif, maka semakin banyak juga komponen kelistrikan yang dipasang di mobil. Contohnya seperti sensor pencegah tabrakan, sampai sistem audio dengan banyak speaker yang suaranya menggelegar.

Hal itu membuat aki menerima beban yang sangat berat, sehingga kondisinya harus tetap terjaga agar bisa terus digunakan hingga lama. Cara paling mudah untuk mewujudkan hal itu, yakni dengan melakukan perawatan berkala.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Meski kini sudah ada aki mobil jenis bebas perawatan, namun bukan berarti komponen tersebut bisa dipasang dan diacuhkan begitu saja. Pemilik mobil tetap harus memantau kondisi fisiknya, apakah bebas dari oksidasi seperti jamur dan oksidasi.

Sama seperti komponen lainnya pada mobil, aki juga memiliki umur pakai. Sayangnya, sering pemilik lupa di mana menaruh catatan pergantian aki terakhir sehingga berisiko tiba-tiba mobil mogok karena listriknya tekor.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Untungnya, kini hal itu bisa mudah dilakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh Yuasa Battery Indonesia. Program Yuasa App ini hadir di dua sistem operasi, yakni versi iOS dan Android.

Aplikasi aki Yuasa.

Photo :
  • Yuasa Battery Indonesia

Melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 29 September 2021, Yuasa Battery Indonesia mengatakan bahwa aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur yang sangat berguna bagi pemilik kendaraan.

Selain bisa mengingatkan pemilik akan kondisi dan umur aki sesuai dengan data yang dimasukkan sebelumnya, program tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemesanan aki baru. Bahkan, pengguna juga bisa langsung memesan aki dan melakukan pembayaran.

Sebenarnya aplikasi ini sudah hadir sejak 2016, namun kala itu teknologi yang digunakan masih ketinggalan zaman, Kini, tampilan serta fiturnya jauh lebih baik dan lengkap sehingga mudah untuk digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya