Cara Setting Audio Mobil Bawaan Pabrik biar Enak Didengar

Head unit Toyota Kijang Innova
Sumber :
  • Dok. TAM

VIVA – Salah satu fitur penunjang yang ada di setiap mobil baru adalah sistem audio. Biasanya pabrikan memasang perangkat ini dengan kualitas sesuai harga unit yang ditawarkan.

ABG 16 Tahun Nyetir Yaris, Tabrak 11 Motor dan 2 Mobil di Bekasi

Sebagai contoh, audio mobil untuk kelas low cost green car umumnya berasal dari kategori entry level, dengan kemampuan yang terbatas dan suara dihasilkan oleh dua speaker saja.

Jika membeli tipe yang lebih tinggi, maka bisa mendapatkan empat speaker lengkap dengan head unit model 2 DIN yang mampu terhubung ke ponsel melalui teknologi Bluetooth.

Mau Beli Toyota Fortuner, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Sistem audio mobil buatan Spotify

Photo :
  • Autoevolution

Audio mobil sangat berguna untuk melepas jenuh dan bosan ketika sedang terjebak kemacetan, atau memantau arus lalu lintas melalui siaran radio.

Pemobil Fortuner Ngaku Adik Jenderal Sembunyikan Mobil di Rumah Kakak, Pelat TNI Palsu Dibuang

Meski hadir dengan beberapa keterbatasan, namun ada cara mudah yang bisa dilakukan pemilik supaya bisa mendapatkan suara yang enak didengar dari audio mobil bawaan pabrik.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Sabtu 9 Oktober 2021, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari seberapa besar volume yang dibutuhkan.

Setiap orang memiliki selera berbeda soal volume, dan angkanya juga berubah sesuai dengan kondisi seperti macet atau hujan. Cari angka yang paling ideal, lalu catat.

Kemudian saat senggang, nyalakan audio mobil dengan angka volume tersebut. Pastikan semua pengaturan lain seperti treble dan balance ada di nol atau tengah.

Ubah balance sesuai keinginan, patokannya adalah suara dari speaker kanan akan terdengar lebih nyaring oleh pengemudi. Demikian pula dengan fade, yang menentukan speaker depan dan belakang.

Jika seringnya berada sendiri di mobil, maka atur supaya speaker kiri dan belakang lebih nyaring supaya semuanya terdengar sama keras di kursi pengemudi.

Tahap berikutnya yakni menyetel nada treble, mid dan bass. Yang pertama kali diubah adalah treble, lalu mid dan terakhir bass. Cari yang nadanya terdengar sesuai dengan selera.

Satu catatan, saat mengatur suara audio mobil disarankan menggunakan lagu yang kualitasnya tinggi supaya semua nada dan instrumen bisa akurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya