Jangan Geber Ban Motor Baru Takut Licin, Cuma Mitos?

Ban motor IRC RX-02
Sumber :
  • IRC

VIVA – Pada sepeda motor, ban merupakan komponen yang sangat penting. Selain itu peran ban yang sangat penting karena ternyata ban motor memiliki empat fungsi utama.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Pertama, sebagai penahan beban. Hal ini berkaitan erat dengan ukuran berat kendaaran bermotor yang memiliki beberapa komponen mulai dari beban beberapa komponen motor hingga beban para pengendarannya itu sendiri. Oleh karena itu, para pengendara dituntut untuk selalu memperhatikan tekanan udara yang ada dalam ban agar berfungsi dengan baik.

Fungsi yang kedua sebagai peredam, sebelum getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan diredam oleh suspensi, terlebih dahulu getaran akan diredam dan selanjutnya akan diteruskan ke suspensi. Tekanan angin dalamnya pun ikut berpengaruh, maka dari itu sesuaikan standar tekanannya.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Ilustrasi mencuci ban motor

Photo :
  • Wahana Honda

Selain itu fungsi yang ketiga untuk penerus tenaga dari mesin, hal ini sangat erat kaitanya dengan kinerja traksi dan daya pengereman. Pola atau batik (kembangan) pada suatu ban sangat berpengaruh, karena hal ini juga akan menentukan kualitas ban serta mampu mendukung perfoma motor ini untuk menjadi lebih tangguh dan lebih erat daya cengkeram ban motor ini terhadap aspal.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Sementara fungsi yang keempat untuk menentukan kontrol kemudi, yang sangat erat kaitanya dengan kemampuan kendaraan roda dua untuk melakukan manuver serta kestabilan dalam berkendara.

Karena fungsinya yang sangat penting bagi sepeda motor maka perlakuannya pun tidak boleh sembarangan, karena salah memperlakukan ban maka akibatnya akan fatal, bahkan bisa membuat malapetaka bagi pemilik motor.

Seperti perlakuan ban yang baru saja dibeli dari toko, ada yang bilang katanya ketika ban baru tersebut terpasang pengendara jangan langsung menggeber motornya, apakah itu mitos?

Menurut Senior Brand Executive and Product Development PT Gajah Tunggal, Dodiyanto menjelaskan bahwa sebaiknya memang ketika ban yang baru dipasang pada sepeda motor pemiliknya tidak langsung menggeber motornya.

"Ada bagian silikon pada bagian luar ban yang masih menempel, sengaja dioleskan pada bagian luar ban karena ketika proses pembuatan ban dimasukkan ke dalam mesin curing untuk dicetak, ketika dilepaskan dari molding ban tidak lengket," ujarnya kepada VIVA Otomotif, dikutip Jumat 22 Oktober 2021.

Lebih lanjut pria ramah ini menjelaskan bahwa cairan silikon akan berbahaya jika pengendara motor yang pakai ban baru, menggeber motornya melintasi tikungan, karena cairan silikon tadi berpotensi untuk mengurangi daya traksi dari ban, sehingga akan berakibat licin.

"Tapi cairan itu tidak tebal kok, setelah ban berputar dua putaran terkena aspal maka cairan tersebut akan hilang. Cairang tersebut juga akan berkurang jika lama terkena matahari secara lansgung," tambah Dodi.

Makanya kalau diperhatikan, kenapa para pembalap MotoGP kalau keluar dari paddock mereka sering berjalan zig-zag, ya salah satu fungsinya untuk menghilangkan cairan silikon itu tadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya