Kenali Perbedaan Helm MotoGP dan F1

Helm F1 dan MotoGP
Sumber :
  • Motorsport.

VIVA – Meski sama-sama berfungsi untuk melindungi pembalap dari kemungkinan bahaya, namun helm yang digunakan pembalap MotoGP dan Formula 1 (F1) sejatinya tak sama, alias berbeda. Lantas, mengapa demikian?

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Sepintas, helm MotoGP dan F1 sama-sama memiliki bentuk yang membulat dengan visor atau pelindung di bagian tengah. Menariknya, jika diperhatikan lebih jeli lagi, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan mudah dikenali.

Disitat VIVA Otomotif dari Bikesrepublic, Minggu 31 Oktober 2021, perbedaan pertama terletak pada bentuk secara keseluruhan. Jika helm FI cenderung melingkar, maka pengaman kepala yang digunakan pembalap MotoGP lebih menunjung aerodinamika. Misalnya, desainnya yang agak meruncing dengan bagian belakang yang dibuat lebih menyudut.

Wali Kota Larang Pemotor Pakai Helm Full Face

Bukan hanya itu, jika diperhatikan dengan seksama, visor pada helm F1 terlihat lebih kecil dibandingkan helm MotoGP.

Tilang Manual Jaring Pelanggaran 3 Kali Lipat dari Elektronik

Rupanya, sebagian bidang visor pada helm F1 itu memang sengaja ditutup. Berdasarkan keterangan dari laman resmi FI, penutup dengan lebar 50mm tersebut bernama strip Zylon yang berfungsi untuk menambah tingkat keamanan dari benturan.

Valentino Rossi saat jajal mobil Formula One (F1)

Photo :

Kemudian, satu fakta menarik lainnya adalah, helm F1 dibekali fitur HANS atau Head and Neck Support yang digunakan untuk menahan guncangan pada kepala. Sehingga, selain untuk keamanan, teknologi tersebut juga ditujukan untuk kenyamanan si pembalap.

Terlepas soal perbedaan keduanya, sebenarnya ada sejumlah fitur yang serupa, misalnya keberadaan ventilasi udara, antifog dan pelindung gores pada visor, serta sistem keamanan kelas wahid yang bisa melindungi pengguna dari kemungkinan cedera.

Selain itu, helm F1 dan MotoGP juga dirancang antiapi. Bahkan, saat terjadi benturan atau gesekan, pelindung kepala tersebut tidak menimbulkan percikan api. Hebat sekali, bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya