Nyetir Mobil Jarak Jauh, Disarankan Istirahat 3 Jam Sekali

Ilustrasi mengemudi mobil di tengah hujan
Sumber :
  • Hyundai

VIVA – Kecelakaan yang menimpa Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah di Tol Jombang, Jawa Timur telah membuka mata kita semua mengenai pentingnya berhati-hati saat mengemudikan mobil. Lantas, pertanyaannya, bagaimana trik pintar agar tetap aman selama di jalan raya?

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Safety Defensive Consultant Indonesia atau SDCI, Sony Susmana mengatakan, saat mengemudikan mobil jarak jauh, maka sopir diharuskan istirahat minimal tiga jam sekali. Sebab, kondisi tubuh yang menurun membuat pengemudi berisiko kehilangan fokus.

“Pengemudi maksimal berkendara 2,5 sampai 3 jam, kemudian istirahat. Journey management ini penting sekali agar risiko-risiko kecelakaan bisa ditahan,” ujar Sony Susmana saat dhubungi VIVA Otomotif, dikutip Senin 8 November 2021.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Ilustrasi mengantuk saat mengemudi

Photo :
  • Qmotor

Lebih jauh, menurut Sony, pengemudi kendaraan juga kerap terlena dengan situasi jalan kosong atau lengang. Imbasnya, mereka menambah kecepatan dan menurunkan fokusnya.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

“Sekalipun situasi jalan kosong, lengang, bukan berarti itu aman. Yang menentukan pengemudi aman itu akal sehatnya,” terangnya.

Sony mengingatkan, meski mobil sekarang sudah dibekali sistem keamanan yang canggih dan lebih baik, namun risiko kecelakaan akan selalu ada.

“Sehebat dan semahal apapun kendaraannya, kita akan terus dihantui kecelakaan,” tegasnya.

Berkaca dari Kasus Vanessa Angel

Berkaca dari kasus Vanessa Angel, di mana pengemudi sempat bermain ponsel dan memacu kendaraannya lebih dari 100 km per jam, Sony mengingatkan untuk mampu menjaga emosi selama melintasi jalan tol. Sebab, dengan demikian, keputusan yang diambil akan berdampak baik bagi diri sendiri maupun penumpang lainnya.

“Ketika berkendara di jalan tol, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya emosi. Ketika emosi ini stabil, pengemudi mampu melakukan aktivitas-aktivitas sesuai akal sehatnya,” tuturnya.

Sony juga mengingatkan, saat membawa balita atau anak-anak, maka kecepatan mobil sebaiknya dibatasi. Paling tidak, kata dia, berada di kisaran 60 sampai 80 kilometer per jam.

“Ingat, di sana (mobil Vanessa Angel) ada anak kecil. Sehingga, ketika ada anak kecil, maka kecepatan ideal kendaraan adalah 60 sampai 80 kilometer per jam. Anak kecil juga wajib duduk di children seat dan semua penumpang harus menggunakan safety belt tanpa terkecuali,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya