Cara Usir Jamur Kaca Tanpa ke Salon Mobil

Ilustrasi menghilangkan jamur kaca mobil
Sumber :
  • Seva.id

VIVA – Hujan mulai mengguyur sebagian daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Cuaca mendung terus menghiasi setiap hari, membuat beberapa warga memutuskan untuk beraktivitas menggunakan mobil.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Namun, ada di antara mereka yang kesulitan melihat situasi jalan akibat air tidak terhapus sempurna dari kaca. Salah satu penyebabnya, yakni karena munculnya jamur.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Seva.id, Senin 29 November 2021, ada beberapa hal yang menyebabkan jamur muncul di kaca kendaraan. Pertama yakni akibat mobil sering dicuci di bawah sinar matahari terik, sehingga air mengering dengan cepat dan meninggalkan noda.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Air yang mengandung kapur tinggi juga bisa menyebabkan hal itu terjadi, di mana endapannya menempel dan memunculkan flek. Demikian pula jika kendaraan sering diparkir di area yang lembap.

Ilustrasi membersihkan kaca mobil.

Photo :
  • Seva.id
Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Cara paling efektif dan mudah untuk menghilangkan jamur pada kaca adalah dengan memanfaatkan jasa salon mobil. Tapi, hal itu akan memakan waktu beberapa jam karena mereka mengerjakannya secara profesional.

Jika tidak punya banyak waktu, maka bisa mencoba cara menghilangkan jamur kaca mobil di rumah. Bahan yang dibutuhkan yakni pasta gigi. Pertama cuci kendaraan sampai bersih lalu oleskan pasta ke kaca hingga rata memakai sikat.

Biarkan bahan itu kering sejenak, lalu bilas dengan air bersih sampai tidak ada lagi pasta yang tersisa. Pastikan melakukannya di tempat teduh, dan memakai air yang bersih.

Trik lainnya yakni dengan memanfaatkan air yang mengandung soda dengan kada gula rendah. Caranya yaitu tuang ke lap bersih dan kering, lalu gosok kaca hingga jamur tidak lagi terlihat.

Apabila di rumah memiliki cairan alkohol dengan kadar 50 hingga 90 persen atau pemutih pakaian, maka bisa juga digunakan untuk mengusir jamur kaca mobil. Cara pakainya sama dengan air soda.

Terakhir yakni dengan memakai tembakau yang sudah direndam ke dalam air selama 15 menit, siram kaca memakai cairan tersebut lalu gosok menggunakan spons.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya