Tips Memperbaiki Dasbor Mobil yang Retak

Ilustrasi dasbor mobil.
Ilustrasi dasbor mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Mobil terbuat dari banyak sekali komponen, yang bahan bakunya bermacam-macam mulai dari besi, karet hingga plastik. Setiap bagian sudah dirancang khusus, agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Meski demikian, ada beberapa bagian yang berpotensi rusak seiring dengan masa pakai. Salah satunya yakni dasbor, yang merupakan rumah dari panel instrumen serta sistem hiburan.

Benda ini terbuat dari plastik khusus, yang pada beberapa model mobil ditambahkan pelapis berbahan kulit. Tujuannya adalah supaya tampilannya terlihat mewah dan eksklusif.

Meski posisinya berada di dalam kabin, namun letaknya yang tepat berada di balik kaca depan membuat dasbor selalu terpapar sinar matahari yang mengandung energi panas.

Proses reparasi dasbor mobil.

Proses reparasi dasbor mobil.

Photo :
  • Youtube

Seiring waktu pemakaian, dasbor bisa menjadi getas dan pecah apabila mobil sering melewati jalanan rusak. Pemasangan baut yang kurang tepat usai memperbaiki penyejuk udara, juga dapat menimbulkan risiko yang sama.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Nissan Indonesia, Jumat 3 Desember 2021, ada dua cara yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik untuk memperbaiki dasbor yang retak.