Tips Memperbaiki Dasbor Mobil yang Retak

Ilustrasi dasbor mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Mobil terbuat dari banyak sekali komponen, yang bahan bakunya bermacam-macam mulai dari besi, karet hingga plastik. Setiap bagian sudah dirancang khusus, agar bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Meski demikian, ada beberapa bagian yang berpotensi rusak seiring dengan masa pakai. Salah satunya yakni dasbor, yang merupakan rumah dari panel instrumen serta sistem hiburan.

Benda ini terbuat dari plastik khusus, yang pada beberapa model mobil ditambahkan pelapis berbahan kulit. Tujuannya adalah supaya tampilannya terlihat mewah dan eksklusif.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Meski posisinya berada di dalam kabin, namun letaknya yang tepat berada di balik kaca depan membuat dasbor selalu terpapar sinar matahari yang mengandung energi panas.

Proses reparasi dasbor mobil.

Photo :
  • Youtube
Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Seiring waktu pemakaian, dasbor bisa menjadi getas dan pecah apabila mobil sering melewati jalanan rusak. Pemasangan baut yang kurang tepat usai memperbaiki penyejuk udara, juga dapat menimbulkan risiko yang sama.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Nissan Indonesia, Jumat 3 Desember 2021, ada dua cara yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik untuk memperbaiki dasbor yang retak.

Pertama yakni dengan memanfaatkan cairan pengisi dasbor, yang dijual di toko aksesori. Senyawa ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, sesuai dengan kelir yang sering dipakai oleh produsen. Berbeda dengan lem, cairan ini lebih kuat dan elastis sehingga sambungan bagian yang retak tidak menjadi getas dan kaku.

Cara kedua yakni dengan menutup bagian yang retak menggunakan stiker atau pelapis. Meski ini tidak menyembuhkan, namun setidaknya tampilan dasbor terlihat lebih rapi. Perlu diingat, jangan memasang pelapis di bagian kantung udara.

Apabila dua cara tersebut dianggap terlalu rumit, pemilik bisa datang ke bengkel yang melayani perbaikan dasbor dan plafon. Mereka akan mengembalikan kondisi dasbor, sesuai dengan tingkat kerusakannya. Mulai dari yang tidak lagi kaku, hingga pecah atau retak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya