Servis Pertama Mobil Jangan Pernah Dilewatkan

Ilustrasi bengkel mobil Daihatsu
Ilustrasi bengkel mobil Daihatsu
Sumber :
  • dok. ADM

VIVA – Perawatan berkala menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan para pemilik mobil, supaya kendaraan mereka tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan pun dibutuhkan.

Ketika membeli mobil dalam kondisi baru, biasanya konsumen akan mendapatkan buku berisi jadwal servis berkala. Waktunya sudah ditentukan oleh pabrikan, berdasarkan jarak tempuh atau waktu kepemilikan.

Satu hal yang unik dari jadwal perawatan berkala mobil baru, yakni servis pertama biasanya wajib dilakukan apabila kendaraan sudah menempuh jarak 1.000 kilometer atau pemakaian satu bulan.

Hal ini bagi beberapa orang cukup aneh, karena jadwal tersebut dianggap terlalu singkat. Umumnya kendaraan harus diperiksa dan diganti pelumasnya setelah menempuh jarak 5-7 ribu kilometer.

Ilustrasi mekanik memeriksa mobil.

Ilustrasi mekanik memeriksa mobil.

Photo :
  • Dok: ADM

Namun, ternyata ada alasan khusus mengapa servis pertama dijadwalkan dengan durasi yang terbilang pendek. Hal itu diungkapkan oleh Service Department Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation, Ratno Yunanto.

Ratno mengatakan, meski baru menempuh jarak dekat, servis pertama sangat penting untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima, yakni setelah menempuh 1.000 km atau dikendarai selama satu bulan.