Servis Pertama Mobil Jangan Pernah Dilewatkan

Ilustrasi bengkel mobil Daihatsu
Sumber :
  • dok. ADM

VIVA – Perawatan berkala menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan para pemilik mobil, supaya kendaraan mereka tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan pun dibutuhkan.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Ketika membeli mobil dalam kondisi baru, biasanya konsumen akan mendapatkan buku berisi jadwal servis berkala. Waktunya sudah ditentukan oleh pabrikan, berdasarkan jarak tempuh atau waktu kepemilikan.

Satu hal yang unik dari jadwal perawatan berkala mobil baru, yakni servis pertama biasanya wajib dilakukan apabila kendaraan sudah menempuh jarak 1.000 kilometer atau pemakaian satu bulan.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Hal ini bagi beberapa orang cukup aneh, karena jadwal tersebut dianggap terlalu singkat. Umumnya kendaraan harus diperiksa dan diganti pelumasnya setelah menempuh jarak 5-7 ribu kilometer.

Ilustrasi mekanik memeriksa mobil.

Photo :
  • Dok: ADM
Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Namun, ternyata ada alasan khusus mengapa servis pertama dijadwalkan dengan durasi yang terbilang pendek. Hal itu diungkapkan oleh Service Department Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation, Ratno Yunanto.

Ratno mengatakan, meski baru menempuh jarak dekat, servis pertama sangat penting untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima, yakni setelah menempuh 1.000 km atau dikendarai selama satu bulan.

Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi, jika ada indikasi atau potensi gangguan pada kendaraan sehingga mencegah terjadi kerusakan yang lebih besar.

Yang tidak kalah penting, kunjungan servis pertama ini merupakan salah satu syarat agar garansi mobil berlaku, sehingga mobil terus dalam kondisi prima.

“Servis pertama 1.000 km sangat penting, untuk memastikan kendaraan sesuai dengan standar Daihatsu dan juga sebagai salah satu syarat diterimanya garansi kendaraan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 4 Desember 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya