Panduan Mengemudi Mobil dengan Ban Serep Beda Ukuran

Ilustrasi ban serep
Sumber :
  • Wired

VIVA – Sampai saat ini, masih banyak pemilik mobil yang kurang memerhatikan keberadaan ban serep atau cadangan. Padahal, karet bundar itu memiliki peran penting bila pengemudi berada dalam kondisi darurat. 

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Bahkan, National Sales Manager Passenger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono mengatakan bahwa fungsi ban serep sama pentingnya seperti asuransi.

“Ban serep itu ibarat asuransi, yang meminimalisir besarnya kerugian yang dapat timbul akibat kondisi-kondisi berisiko seperti kecelakaan atau kehilangan kendali. Alangkah sangat baik, jika selalu menyiapkan ban ini di kendaraan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 6 Desember 2021.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Apriyanto menuturkan, beberapa mobil keluaran terbaru dibekali ban serep yang ukurannya lebih kecil. Hal ini disengaja, agar masih tersedia ruang yang cukup luas di bagasi untuk menaruh barang.

Ilustrasi ban serep

Photo :
  • Timesnow
Curhat Pengemudi Mobil Jalur Mudik Ditutup Tenda Nikahan

Karena spesifikasinya berbeda dengan ban utama, maka pengemudi wajib menerapkan teknik berkendara yang berbeda ketika harus menggunakannya.

“Meskipun lebih hemat ruang, tetap tidak boleh dipakai terus menerus atau harian karena memiliki tapak tipis akibat dari bentuknya, dan harus memutar lebih banyak daripada ban biasa,” tuturnya.

Apriyanto menyarankan, saat memakai ban cadangan hindari berkendara dengan kecepatan lebih dari 80 kilometer per jam. Ada baiknya juga menyalakan lampu hazard, untuk memberi tahu pengguna jalan lain bahwa Anda tidak sedang mengemudi dalam kondisi normal.

Jangan lupakan juga soal efek dari ban cadangan pada kendali mobil, meski pabrik sudah memperhitungkan hal itu namun bukan berarti pengemudi bisa mengebut atau melakukan pengereman mendadak dengan aman.

Jika mencari kepraktisan, Apriyanto mengatakan bahwa pemilik mobil bisa memilih untuk memasang ban tipe run flat, yang bisa tetap melaju dengan aman meski kondisinya kempis.

“Hankook juga menciptakan run-flat tire, yang memungkinkan mobil tetap melaju sampai jarak 80 kilometer saat kondisi ban tanpa angin. Produknya yakni Ventus S1 Evo2, dan Ventus S1 Evo3,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya