Wajib Perhatikan 3 Hal Ini Agar Tak Tertipu saat Beli Mobil Bekas

Jual beli mobil bekas di Carro
Sumber :
  • VIVA/M Indra Nugraha

VIVA – Mobil bekas masih menjadi pilihan, mengingat harganya yang terjangkau membuat sebagian orang dengan kondisi keuangan terbatas bisa mendapatkan kendaraan roda empat sesuai dengan kebutuhannya.

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Ada berbagai cara untuk meminang mobil bekas, mulai dari mengunjungi showroom atau bursa mobil bekas yang tersebar di beberapa daerah, mengikuti lelang, hingga melalui platform online.

Sebelum meminang kendaraan bekas pakai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu melihat kondisi mobil secara keseluruhan yang meliputi eksterior, interior, kaki-kaki hingga mesin, hingga kelengkapan surat-surat.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Ilustrasi beli mobil bekas.

Photo :
  • Dok: Mobil88

Status pajak, dan riwayat servis juga menjadi salah satu pertimbangan. Nah, berikut empat hal yang wajib diperhatikan konsumen sebelum meminang mobil bekas agar tidak tertipu okunum yang tidak bertanggung jawab.

Jelang Lebaran akan Digelar Cuci Gudang Mobil Bekas

Berdasarkan keterangan resmi Carrro Indonesia, seperti dikutip Viva Otomotif, Jumat 21 Januari 2022, pertama yang perlu diketahui mencari tahu pasaran harga mobil yang jadi  incaran untuk dibandingkan dengan model lain.

Jika melakukan pembelian secara online, luangkan waktu untuk membaca deskripis terkait kondisi mobil dan testimony dari para pelanggan yang pernah bertransaksi. Sehingga Anda tahu rekam jejak dari penjual atau pedagang.

Setelah survei, langkah kedua yang perlu diperhatikan memeriksa dokumen kepemilikan dari mobil bekas tersebut. Pastikan STNK (Surat Tnda Nomor Kendaraan Bermotor), dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli.

“Pastikan pula kewajiban pajak yang di bayar tepat waktu oleh sang pemilik sebelumnya. Jangan lupa juga cek ketersediaan asuransi dari mobil bekas tersebut,” tulis keterangan resminya.

Langkah ketiga, pastikan Anda telah mengecek kualitas mobil tersebut. Caranya melihat bagian luar, dan dalam mobil, dan memastikan semua komponen bekerja sesuai tugasnya.

“Untuk interior, pastikan AC, lampu, head unit, speedometer hingga wiper berfungsi dengan baik. Pada bagian eksterior, Anda bisa memastikan kerusakan (baret, penyok) jika memang ada dan seberapa parahnya,” tulisnya.

Lalu, pastikan juga lampu mobil, baik depan maupun belakang, masih menyala dengan terang. Jangan lupa juga untuk cek seluruh kompartemen mesin mobil, pastikan semua berfungsi dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya