Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Kaca spion.
Sumber :
  • Wahana Honda.

VIVA – Sebagian pemilik motor mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa kaca spion bawaan hampir pasti berukuran lebar? Padahal, secara tampilan, komponen itu terlihat berlebihan dan tak sedap dipandang mata.

Saksi Mata Ungkap Kondisi Mengerikan Wanita di Matraman Jatuh dari Motor Matanya Tertancap Spion

Berkaca dari kenyataan tersebut, banyak pemilik kendaraan yang akhirnya mengganti kaca spion bawaan dengan model baru yang dibeli di toko-toko. Imbasnya, perangkat asli pabrik tersebut hanya berakhir di gudang atau bahkan tempat pembuangan.

Menurut informasi yang VIVA Otomotif kutip dari Wahana Honda, Selasa 25 Januari 2022, produsen kendaraan memiliki alasan tersendiri mengapa spion bawaan motor dibuat lebar dan besar. Kebanyakan berkaitan dengan faktor keselamatan pengendara.

Ngilu, Cewek Kecelakaan di Matraman Matanya Tertancap Batang Spion Motor

Spion motor.

Photo :
  • U-Report

Biar tak penasaran, berikut alasan logis mengapa spion pabrikan dibuat demikian.

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Memfasilitasi Jarak Pandang Pengendara

Dengan menggunakan spion berukuran lebar, pengendara mampu memantau kondisi di belakang kendaraan dengan jelas. Hal tersebut berbanding terbalik dengan spion modifikasi yang relatif lebih kecil.

Naik Motor di Dekat Truk.

Photo :
  • 100KPJ.com

Dengan jarak pandang yang luas tersebut, blind spot pun bisa dikurangi. Maka, pemotor bisa menghindari potensi kecelakaan di jalan raya.

Acuan untuk Menyelip

Spion bawaan pabrik biasanya sejajar setang atau malah lebih panjang. Jadi, ukuran standarnya tersebut memungkinkan pemotor selap-selip tanpa khawatir membaret kendaraan di sisi kiri dan kanan.

Setelah mengetahui alasan di balik ukuran kaca spion bawaan motor yang memang relatif lebar, semoga kalian tidak ingin buru-buru menggantinya dengan versi modifikasi yang berukuran lebih kecil.

Sebab, seperti yang telah diurai di awal, kalian akan kesulitan melihat kondisi jalanan di samping dan belakang. Sebagai gambaran, apabila spion modifan hanya berukuran 10cm, alias lebih kecil dibanding ukuran bawaan pabriknya yang 15cm, tentu saja pandangan kalian menjadi lebih terbatas.

Keterbatasan ini tentu berdampak pada aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Jadi, sebelum kalian mengganti spion bawaan motor, sebaiknya pertimbangkan hal-hal tersebut, ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya