Kapan Rantai Motor Sebaiknya Dibersihkan?

Rantai motor BMW M Endurance
Sumber :
  • Ultimatemotorcycling

VIVA – Sebagian pemilik sepeda motor mungkin pernah bertanya-tanya, kapan sebaiknya rantai kendaraan dibersihkan? Apakah penentuan waktunya mengacu pada waktu atau jarak penggunaan?

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Marketing Advisor PT Daido Indonesia Manufacturing (DID), Hiroki Nakagawa mengatakan, jarak merupakan alat ukur terbaik untuk menentukan apakah rantai motor sudah harus dibersihkan atau belum.

"Rantai itu tempat bersarangnya kotoran dan debu, jadi harus dibersihkan setiap 500 kilometer sekali menggunakan air bersih. Lalu 1.000 kilometer sekali menggunakan chain lube," ujar Hiroki Nakagawa di bilangan Jakarta Selatan, dikutip VIVA Otomotif, Rabu 26 Januari 2022.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Ilustrasi merawat rantai motor.

Photo :
  • Dok: AHM

Meski demikian, Nakagawa memastikan, patokan tersebut sebenarnya tak 100 persen mutlak. Sebab, ada kondisi di mana pemilik kendaraan harus membersihkan rantainya lebih awal.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

"Itu untuk penggunaan di jalan kering. Kalau melintas di lintasan basah dan penuh genangan kotor, maka pemilik motor harus segera membersihkannya," ungkap Nakagawa.

Rantai dan Gir DID.

Photo :
  • VIVA.co.id/Septian Farhan Nurhuda

Diketahui, saat ini rantai buatan DID turut dipasarkan PT NGK Busi Indonesia melalui laman resminya. Bahkan, untuk memudahkan pencarian produk, mereka turut mengenalkan fitur baru bernama 'cari rantai'.

"Dengan fitur 'cari rantai' ini, para pengguna motor bisa dengan mudah mendapatkan rekomendasi tipe rantai motor terbaik DID yang tersedia di Indonesia," kata Marketing Manager NGK Indonesia, Ardhieta Wicaksana.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Wicak tersebut menambahkan, pada fitur tersebut, pengunjung tak hanya bisa melihat tipe rantai yang dijual,  melainkan juga informasi lain seputar produk.

"Tidak hanya jenis rantai motor standar, informasi produk dan ukuran rantai motor DID yang lain pun bisa dilihat di sana," kata Wicak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya