Jangan Anggap Sepele, Ini Penyebab Macetnya Rem pada Kendaraan

Ilustrasi servis rem mobil
Sumber :
  • dok. Auto2000

VIVA – Fungsi rem pada kendaraan sangat penting, karena untuk mengurangi kecepatan saat berkendara. Tapi ketika rem tidak berfungsi dengan baik, maka akan membuat pengendara dan penumpang di dalam kendaraan dalam bahaya.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Seperti dikutip dari laman resmi Auto2000, menjelaskan bahwa terdapat empat hal yang menyebabkan terjadinya rem macet pada kendaraan, pasalnya rem terdiri dari berbagai sistem penggerak, sehingga bisa bekerja dengan maksimal, sama seperti komponen mobil lainnya. 

Nah agar tetap bisa berfungsi makanya harus dilakukan perawatan secara rutin, karena jika rem yang berkarat dan kotor sudah pasti susah digerakkan, apalagi rem mobil. Belum lagi ada kotoran seperti debu, lumpur, atau tanah yang sangat mudah masuk ke komponen ini. Panas dari matahari dan air hujan juga menyebabkan rem jadi mudah berkarat.

Mengancam Nyawa, Kemenhub Bakal Cabut Klakson Telolet Bus Jika Ditemukan di Jalanan

Kinerja rem mobil juga sangat berat, sehingga sering terjadi vapour lock. Vapour lock adalah kondisi di mana ada udara yang terjebak dalam rem, sehingga menyebabkan besi pada sistem rem mudah berkarat.  Penyebab ini bisa diselesaikan dengan rutin membersihkan sistem remnya. Jangan biarkan kotoran pada sistem rem menumpuk, mengakibatkan komponen vital ini jadi susah digerakkan. 

Selain kotor, komponen rem yang sudah lama tidak digunakan bisa mengakibatkan penurunan fungsi, contohnya mobil yang sudah lama tidak digunakan harus dicek remnya. Karena rem tidak bisa bekerja dengan maksimal lantaran adanya perubahan suhu, perubahan ini bisa membuat rem mudah berkarat, terutama di bagian permukaan cakramnya. 

18 Perjalanan LRT Jabodebek Terganggu Gegara Gangguan Sistem Pengereman, KAI Minta Maaf

Kondisi minyak atau oli pada rem yang sudah lama tidak digunakan juga membuat titik didihnya menurun. Kalau sudah begini, lebih baik dilakukan pemeriksaan terhadap sistem rem, serta mengganti komponennya dengan yang baru. 

Perhatikan batas pakai Layak, karena komponen rem juga memiliki umur pakainya, apalagi rem jenis seal yang berbahan karet. Masa kadaluarsa rem jenis seal bisa diketahui dari bahan karetnya yang mulai mengeras dan kaku. 

Akibatnya, piston rem hanya terkunci di satu sisi, sehingga pergerakannya menjadi terkunci. Inilah yang menjadi salah satu penyebab rem mobil tidak balik lagi, ditandai dengan susahnya rem saat digerakkan. Lebih baik mengganti rem yang sudah keras karetnya dengan yang baru, sehingga rem bisa digerakkan kembali dengan lancar dan tidak lagi macet. 

Setting rem juga harus dilakukan secara sesuai, karena rem juga membutuhkan ruang untuk bergerak, jadi jangan disetel terlalu rapat. Baik rem cakram maupun rem tromol, keduanya harus diperhatikan jarak bebas (free play) ketika disetel. 

Teliti juga apakah ada kerapatan antara kampas rem dan permukaan tromol saat dipasang. Keduanya harus ada ruang bebas, sehingga rem pun jadi lebih enak saat digerakkan. Kalau memang dipasang terlalu rapat, lakukan saja penyetelan ulang dengan memperhatikan tingkat kerapatannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya